Archive for the ‘Amalan’ Category

Pentingnya Relasi Positif

August 24, 2015

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, begitulah nature-nya. tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, bisa sukses sendiri.. pastilah ia memerlukan bantuan atau kontribusi dari manusia lainnya.

Baru..baru ini aku banyak merenung, berawal dari keadaan yang harus membuatku banyak berbaring di tempat tidur.. sehingga merenung adalah pekerjaan yang paling bisa. Flashback ke belakang… merenungi kehidupan yang telah dijalankan..

Ada sesuatu hal ternyata.. yang menurutku masih kurang dalam hidupku ini.. yaitu menambah teman relasi positif. Alhamdulillah, aku bersyukur.. selama ini kebanyakan, bergaul, dan bekerja dan dikelilingi dengan relasi yang kebanyakan adalah orang-orang yang baik..baikk, sholeh..sholeh..

Namun masih merasa kurang.. yaitu kurang proaktif dalam berelasi dan bergaul dengan mereka sehingga belum menimbulkan impact positif yang optimal..

Menjalin relasi.. adalah dengan berusaha memberikan kontribusi positif kepada teman tersebut..

Dan dari teman-teman relasilah..yang sunatullohnya dapat menjadi wasilah bagi tercurahnya rizki dari-Nya dan keberkahan hidup (demikianlah banyak orang bijak berkata demikian).

Adalah Prof.Renaldi Kasali dalam tulisannya di Kompas tgl 29 Des 14 pernah menukil demikian “Apa artinya bergelar S2 kalau penakut, jaringannya terbatas, “lembek”, cepat menyerah dan gemar menyangkal.. kalau ilmunya hanya ilmu buku yang sempit, dan tidak berpraktik bisnis langsung dan tidak mempunyai banyak relasi..”

So, I promise to my self.. to be more proactive.. more friends.. more contribute.. to be better live

Amalan Syekh Ali Jabir

August 15, 2014

Menjelang tidur malam..
1. Berwudhu
2. Shalat sunah 2 rakaat
3. Boleh ditambah shalat witir
4. Saat berbaring membaca ‘Bismika Allohuma ahya wa amut”

doa sebelum tidur 1)

5. Pasrah hati kepada-Nya, kemudian perbanyak membaca ayat “ Hasbunaallohu wa ni’mal wakiil”

0022 2)

Barangkali kita sedang memiliki persoalan-persoalan hidup yang rumit, masalah yang tak kunjung selesai atau kita memiliki tabiat2 buruk yang belum bisa ditinggal… Mudah-mudahan dengan amalan tersebut akan menguatkan keimanan kita, dan persoalan-persoalan yang sedang kita hadapi tersebut pada akhirnya akan selalu mendapat solusi terbaik dari Allah SWT..Aamiin..

Demikian saya sharing-kan apa yang pernah saya dengar dari salah satu ceramah Syech Ali Jabir di YouTube. Smoga Alloh SWT slalu merahmati beliau.

Semoga bermanfaat
1). image dari doakuibadahku.blogspot.com
2). image doa diambil/diedit dari cloverisflower.blogspot.com

Ya Hayyu.. Ya Qoyum, The Ijazah from Tukang Ojek

December 5, 2013

It was about 3 weeks ago at the early of Nov 2013, on the morning day I went to my school at Indorama, Patra Kuningan, Jakarta. I went by Ojek from the Cawang railway station to Indorama Building. On the Ojek Journey, I open conversation to the Tukang Ojek, we talk each other to live the atmosphere. I still remember a liitle bit about our conversations as follow… The Ojek said, “I has Ojek from some years.. ,I feel very happy.. I never feel poor because God always give the sufficient rizki to me, I believe.. it has been happen after practicing this dzikir.. Ya Hayyu.. Ya Qoyyum as much as possible at every time”. He said this dzikir was gotten from Habib Ali, an ulama from Bukit Duri. He always going to ngaji at Habib home every Saturday.

The tukang Ojek recommended me to practice this dzikir. He also recommended me to come to Habib Ali teaching at Bukit Duri. This Tukang Ojek is great, He tell his story to me by heart, honest and sincerely.

This Ojek statement actually inspired me. I realize maybe it was God’s guidance via him. After searching from the Internet, I know that statement praying..Ya Hayyu..ya Qoyyum (O’ The Living, O The Sustaining).. it has deep meaning. It is a kind of the statement to express the acknowledgment of the God’s existence, and the Eternal Power of God.. Allah The Almighty. It is the expression about the nothing of Human without God’ help. Person who express this praying will guide his heart to depend fully to God, he will have deep faith upon Him, He will feel more confident..more syukur.. more happy… and the consequence, he will be given more rizki, …InsyaAllah.
“Thank you very much Pak Tukang Ojek from your teaching..! ’… May Allah give you the best berkah..
————–

Tukang Ojek = motorbike driver who offer his motorbike to bring the passager to the destinative address.
Dzikir= Remembering of God, Calling to Him.
Ijazah = islamic teaching who give from a Guru/ulama with approval to practice it.
Syukur = the expression of thank to God
Rizki/rejeki = Lucy, good fortune from God.
Berkah = Blessing
Ngaji = study of Islam

Ref:
The Calligraphy from http://www.deviantart.com

JIKA ILMUKU MASIH DI LANGIT, MAKA…

April 27, 2009

JIKA ILMUKU MASIH DI LANGIT, MAKA…

Ahad kemarin, rencana ane ada silarurahim ke seseorang. berhubung dienye kagak bisa karena lagi keluar kota, akhirnya ane silaturahim ke tetangga kost. Hari gini masih jadi anak kost? Hihi

Ane jarang ketemu die meski tetannga kost, abis jam terbangnya agak beda. Maklum berangkat pagi..pulang malam.

Namanya Iman, gw panggil mas ..karena umurnye diatas gw..

Ngobrol ngalor..ngidul, dari mulai pekerjaan..politik..ekonomi dll. Usut punya usut ternyata si mas ini ternyata lagi S3 di sebuah universitas di malaysia. S1 nya ia dapet dari timur tengah, dan di Indonesia.

Di kamar kostnya, berjejer buku2 berbahasa arab..yang gw ga ngerti tentang apaan isinya, abis arab ane katro’ ,,jurumiyah aja ga tamat, palagi alfiyah..mbuh!

Gw tanya kok mas semangat belajarnya tinggi banget sih? S1, S2 ..lagi S3 lagi, rahasianya apa sih?

“Dia bilang, belajar nuntut ilmu itu wajib mas, ga boleh berhenti” .katenya. Dia berujar “ saya ya, suka sholat duha terus kalo solat dhuha, doanya seperti biasa..tapi ia tambahkan kalimat tertentu.

Ya Allah waktu dhuha ini, adalah waktu –Mu
Keindahan adalah, keindahanmu ..dst
Jika rizki hamba masih ada dilangit maka turunkanlah, jika masihada dibumi maka keluarkanlah ..dst

Ia menambahkan doa sbb:
Ya Allah.., jika ilmu hamba masih dilangit maka turunkanlah
Jika ilmu hamba masih dibumi maka keluarkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah, jika dekat dekat maka barikanlah.

Ya Allah, berkahilah ilmu hamba, sebagaimana engkau berkahi ilmu para nabi, ulama-ulama pewarisnya dan hamba-hambamu Mu yang sholih. Amein.

….
Dapet! Alhamdulillah..Ternyata ada hikmahnya, maen ke tetangga kost. hehe