Archive for February, 2018

Strategi Akuntansi dan Pajak (01)

February 28, 2018

Strategi : adalah Taktik/cara mewujudkan sesuatu keinginan.

Kata “strategi” adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, stratÄ“gos. Adapun stratÄ“gos dapat diterjemahkan sebagai ‘komandan militer’ pada zaman demokrasi Athena.(id.wikipedia)

Accounting (pembukuan) : adalah Ilmu pembukuan, yang mencacat dan melaporkan harta serta laba-rugi suatu entitas, sehinggga dapat diterima/diakui oleh pembaca publik.

Tax : adalah penyetoran uang ke Negara, sebagai suatu kewajiban WN.

Pajak (dari bahasa Latin taxo; “rate”) adalah iuran rakyat kepada negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tidak mendapat balas jasa secara langsung (id.wikipedia)

Ketiga kata ini, yakni: Strategi – Accounting – Tax, dapat disatukan menjadi sebuah kalimat yang indah yaitu: suatu Perusahaan/Entitas perlu melakukan strategi agar tatalaksana accounting dan tax dapat memiliki kontribusi positif pada pencapaian visi Perusahaan (dalam jangka panjang) dan keuntungan optimal (dalam jangka pendek/tahunan).

disisi lain, terdapat kalimat kontra yang sering terjadi: Akibat tidak menerapkan suatu strategi dalam perencanaan pembukuan dan pajak, suatu keuntungan perusahaan dapat menjadi berkurang bahkan menjadi rugi.

Atas hal tersebut, bagi seorang Direktur (CEO/CFO) atau Manajer suatu perusahaan: penguasaan terhadap interkoneksi antara strategy korporasi, strategy akuntansi dan strategy pengelolaan pajak adalah mutlak, sehingga Perusahaan-nya menjadi UNTUNG.

Advertisements

Cara doa didengar-Nya

February 28, 2018

Pada hakikatnya semua doa itu selalu didengan oleh Allah SWT, Sang Maha Mendengar, Sang Maha Pemberi.

Namun, ada satu cara unik supaya doa cepat didengar oleh Allah SWT.

Cara ini pernah saya dengan langsung dari caramah Mbah Yai (Alm) KH Muhammad Hasan, pengasuh Ponpes Tanbihul Ghofilin, Mantrianom Banjarnegara…pada saat pengajian ahad kliwonan. kira-kira tahun 2000-an.

Caranya: Berdoalah kepada Allah, disaat kita nglilir.. bangun dari tidur di malam hari. Menurut beliau..pada saat nglilir kondisi kita saat itu dekat dengan Allah SWT karena masih setengah sadar..antara alam ruhani dan alam sadar. Beliau berpedoman bahwa disaat tidur itu..ruh seseorang manusia akan kembali ke dekat hadirat Allah SWT, lah disaat nglilir itulah doa cepat didengar karena kondisi ruh seseorang masih berada dalam genggaman Allah SWT. merujuk QS.Az Zumar 42

Menurut beliau (mbah yai Muh.Hasan)..cara doa seperti itu beliau dapat dari gurunya, seorang ulama dari daerah Purworejo.

Khutbah Jumat tgl 23 Feb 2017 : Pentingnya Ikhlas

February 28, 2018

Masjid Ulul ALbab Kalibata.
Point-point Khutbah:

Ikhlas adalah sebuah kata kunci untuk meraih surga dan keridhoan-NYa.

Dikisahkan oleh khotib: ada 3 orang yang terkenal di dunia semasa hidupnya, menurut padangan manusia, 3 orang tersebut layak masuk ke surga. Orang tersebut adalah 1). Seorang Jihadis, ia mati membela kebenaran dan agama; 2). Seorang Dermawan/filantropis, ia banyak beramal menolong sesama 3). Seorang Alim/Guru, ia semasa hidupnya didedikasikan untuk mengajari orang banyak, membimbing umat menuju kebaikan.

Namun, setalah melalui proses hisab..dikisahkan ke tiga orang tersebut gagal dan ditolak masuk ke Surga. kenapa??? apa sebabnya???

1). Si Jihadis, ia mati seoalah membela agama Allah..tetapi didalam lubuk hatinya sebenarnya bukan itu tujuannya.. ia ternyata menjadi jihadis karena ingin disebut pemberani oleh orang lain.

2). Si filantropis, ia mati seolah membawa banyak amal… tetapi didalam lubuk hatinya, ia sebenarnya menginginkan sanjungan orang lain..agar disebut sebagai orang dermawan.

3). Si Ulama/ilmuwan, ia mati seolah membawa pahala yang terus mengalir, tetapi sejatinya didalam lubuk hatinya..menjadi alim karena menginginkan sanjungan dan pujian, serta fasilitas kehormatan dari orang-orang.

Ketiga contoh orang tersebut, mungkin pada saat hidupnya di dunia tercatat sebagai orang hebat, orang baik, orang termasyhur sholihnya. Namun, hakitatnya tidak ada seorangpun yang mengetahui… Hanya Allah SWT yang mengetahui rahasia isi hati mereka.

Demikianlah khotib berpesan..agar berhati-hati dalam ber-NIAT. Jadikan niat “ikhlas” hanya pengabdian murni mencarai Ridho ALlah SWT sehingga kelak amal menjadi tidak sia-sia.

Khutbah Jumat 16 Feb 2018: Optimalisasi Ibadah

February 16, 2018

Jumaatan di masjid komplek hankam asri pondok rajeg. Khotib: ustadz Syuaib.

Point-point khutbah:
Agar mencapai derajat taqwa, dan mendapat apa yg dijanjikan oleh Allah SWT yaitu adanya solusi hidup yg tidak disangka-sangka, maka ibadah harus optimal setiap harinya.

Khutbah Jumat 09 Feb 18 : Ciri Orang Bertaqwa

February 9, 2018

Point-point khutbah:

Makna taqwa adalah menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Adapun Ciri-ciri orang bertaqwa diantaranya dijelaskan dalam Q.S Ali Imran 133 – 136.

Ciri-cirinya secara garis bersarnya yaitu:
1). Segera berlomba untuk berbuat baik/amal sholih untuk menuju surga.

2). Senantiasa berderma, menginfakan hartanya untuk membantu orang lain – (dalam kondisi lapang atau sempit).

3). Senantiasa mengendalikan diri menahan marah/emosi negatif dan mudah memaafkan.

4). Segera sadar (ingat/eling) apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri.

Makna fahsa=perbuatan keji yang merugikan orang lain, sedangkan makna dholim= perbuatan yang merugikan diri sendiri seperti:mabok, malas, dsb.

Parenting kami

February 7, 2018

271217 – Kontrol H-14 jam 17.00 WIB di Rumah Sakit Hemina Depok, hasil kontrol: air ketuban tinggal dikit, Cek lanjutan CTG detak jantung jam 19.30 WIB, hasil kurang bagus.. dokter menganjurkan untuk segera dioperasi ceaser jam 22.00 malam. Kondisi gugup!! proses begitu cepat!!??? Jam 21.30, langsung istriku dibawa ke ruang operasi setelah proses praops dan penjelasan dari dokter. Anakku pertama lahir jam 11 malam, Suster memanggilku ke samping ruang operasi. Dokter bedah obgyn, dr.Afra menyalamiku..selamat ya Pak!! bayi sudah lahir, ibu bayi kondisi bagus. Kemudian dokter anak, dr.Gunawan menyalamiku..Alhamdulillah kondisi semua tubuhhnya lengkap dan normal.., aku diberi kesempatan untuk melihat si dedee di dalam box kaca, sungguh rasanya seperti tak percaya.. hanya bengong.. first time in my life ! mata telanjangku melihat buah hati kami yang telah dinanti-nanti..kemudian suster mempersilahkan aku untuk mengumandangkan adzan. Saat aku kumandangkan adzan pada jendela box bayi..si dedee merespon, agak menoleh dan mata kecilnya terbuka mendengar suaraku.. ajaib.

tapi kata dokter anak yang menerima si dede lahir, bayinya agak sesak,nangisnya kurang kenceng jadi harus dimasukan ke ruang pemantauan selama 6 jam. Kondisi ini menyebabkan aku cukup panik. kemudian Adek dedee dibawa ke ruang khusus inkubasi pemantauan. Setelah dari ruangan operasi aku mengurus administrasi bayi.

Jam 02.00, ibunya dedee dibawa keluar dari ruang operasi menuju kamar rawat.

281217 – Masih di RS, pagi hari dedee dipertemukan dengan ibunya. ASI sudah keluar dikit tetapi masih bening.

291217 – Membawa ari-ari pulang ke rumah. Cara penguburannya bgmn ya?? ketemu nenek tetangga rumah, menyarankan agar Ke toko kembang, membeli piranti penguburan ari-ari, mencuci dan mengubur ari-ari. akhirnya setelah mengikuti semua saran..diiringi dengan doa, ari-ari dikuburkan.

301217 – Balik ke rumah sakit. Bayi cegukan.., saya pikir kenapa2? tanya ke suster..ternyata bayi cegukan itu normal, ga apa itu.

311217 – Kondisi dedee bayi membaik dan bagus, boleh pulang dari RS jam 11 siang, mengurus administrasi dsb..selesai jam 16.00WIB. Pulang jam 17.30, nyampe rumah maghrib. Letusan petasan dan gebyar kembang api tahun baru diatas langit rumah tidak membangunkan tidur nyenyak si dedee.

010118 –

020118 – mencari penyelenggara aqiqoh.

030118 – mulai belajar menggendong, mengangkat bayi, dan menimang si dedee.

040118 – Dedee masih banyak tidur, mimi ASI-nya bentar-bentar, kami melihat kondisi kulit dedee agak menguning, kami agak panik. akhirnya si dedee dibawa kontrol ke dokter anak, hasil lab kadar birurubin agak naik dikit. dokter menyarankan cukup banyak dijemur dimatahari pagi, dan sering dibangunin untuk mimi ASI, tidak perlu disinar.

050118 – membagikan nasi kotak +daging aqiqah ke tetangga sekitar, mengundang para tetangga untuk slametan dan doa aqiqoh, dan memberi nama untuk si dedee. Nama yang sudah kami diskusikan, sejak bulan ke 4 kehamilan. Kami juga berdoa setelah shalat.. Ya Allah, ilhamkanlah sebuah nama yang baik untuk anaku, yang menjadikannya percaya diri dan berahlak mulia.. dan namun akhirnya kepastian nama itu muncul kira2 seminggu sebelum lahiran, diambil dari nama seorang wanita mulia, dan tambahan nama yang mengandung doa – harapan kami untuknya. Semoga dedee tumbuh sehat wal afiyat..menjadi anak sholihah, dan kelak menjadi orang yang berguna.. aamiin.

060118 –
070118 – mimi ASI-nya sudah banyak dan semangat.. good..good.
080118 –
090118 –
100118 –
110118 –
120118 –
130118 –
140118 –
150118 –
160118 –
170118 –
180118 –
190118 –
200118 –
210118 – Dedee muntah, mlukok.. air susu yang diminum..dimuntahin kembali, waahh.. sempet panik!!!.

Muntah pada bayi ternyata karena kebanyakan minum ASI. Namun akhirnya mamanya si deede sudah dapat solusi untuk menghindari muntah, yaitu dengan menggendong bayi denga posisi tegak setelah minum ASI, sembari ditepuk-tepuk halus pada punggungnya.

Tunggu setelah bayi bersendawa.. aaggh!, kalau sudah keluar suara sendawa, bayi boleh dibaringkan kembali.

cara ini ternyata efektif!

220118 –
230118 –
240118 –
250118 – Dedee kena pilek! hidungnya agak mampet.. ternyata gara-gara mamanya kebanyakan minum air ES!! ternyata minum air ES bisa berpengeruh ke ASI dan mempengaruhi juga kesehatan si bayi.

260118 –
270118 –
280118 –
290118 –
300118 –
310118 –
010218 –
020218 –
060218 –
070218 – Menimang ketika bangun malam, membelai, mencium, dan mengajak berbicara sebelum berangkat kerja.

080218 – Saat ini Tangisan si dedee sangat kencang terutama kalau mau minta mimi ASI, kaki dan tanggannya bergerak-gerak dinamis..injakan, dan tendangan kakinya sudah kenceng!!

090218 – dst, insyaAlloh terus pareting..

090218 –
100218 –
110218 –
120218 –
130218 –
140218 –
150218 –
160218 –
170218 –
180218 –
190218 –
200218 –
210218 –
220218 –
230218 –
240218 –
250218 –
260218 –
270218 –
280218 –
290218 –
300218 –
310218 –

010318 –
020318 –
030318 –
040318 –
050318 –
060318 –
070318 –
080318 –
090318 –
100318 –
110318 –
120318 –
130318 –
140318 –
150318 –
160318 –
170318 –
180318 –
190318 –
200318 –
210318 –
220318 –
230318 –
240318 –
250318 –
260318 –
270318 – Dedee sekarang sudah berusia 3 bulan, ia sudah tidak suka digendong dengan posisi berbaring, ia lebih suka digendong dengan posisi berdiri..

280318 –
290318 –
300318 –
310318 – Dedee diajak jalan ke toko perlengkapan baby deket pasar pucung, beli kaos dan baju. Dedee tidur teruss kalo diajak jalan..

010418 – Deede diajak jalan2 ke pasar GDC. dipasar GDC beli boneka balon bebek, dan boneka jerapah. Sepanjang perjalanan dan saat dipasar GDC, ia tidur terus.. bangun2 pas pulang nyampe rumah.

Balon bebek Rp10.000, beli dari tukang balon.

020418 – Si Dedee ternyata suka banget dengan boneka bebeknya, dilihatin terus.. mungkin warna kuning mencolok yang membuatnya tertarik

apalagi klo boneka itu bersuara kwek..kwek..bisa ngomong dan mengajak ngobrol.. wah seneng banget dianya hehe

030418 –
040418 –
050418 –
060418 –
070418 –
080418 –
090418 –
100418 –
110418 –
120418 –
130418 –
150418 –
160418 –
170418 –
180418 –
190418 –
200418 –
210418 –
220418 –
230418 –
240418 –
250418 –
260418 –
270418 –
280418 –
290418 –

030518 –
040518 –
050518 –
060518 –
070518 –
080518 –
090518 –
100518 –
110518 –

120518 – Sabtu pagi jam 08.00 WIB Ada acara akhirusanah TK di sekitar rumah..dilapanagn hankam, acara nya menarik karena ada bazar murah dan tampil lomba musik & tari-tarian anak-anak, kami membawa dedee ke acara tersebut. dedee terlihat mengamati acara tari-tarian tersebut.

Karena sudah mulai siang dan panas..diputuskan pulang dari melihat acara tersebut, sambil membeli boneka ikan terbang seharga Rp10.000,-

Boneka Ikan berwarna pink menyala ..cukup menarik perhatiaan si Dedee.

Nah pada hari sabtu ini, siangnya jam 14-an setelah melihat acara tari-tarian..si dedee tidur pules, eh mungkin pas mau bangun..tidurnya guling-guling ternyata..dan buggg!! dedee terjatuh dari tempat tidur. Kami yang lagi ngobrol di ruang tengah terkejut..langsung menuju kamar. dedee nangis..jatuh terlentang di sela maja dan tempat tidur, kepala ada lecet dikit. Tapi semoga ngga kenapa2, springbed tempat tidur tidak terlalu tinggi cuma sekitar 10 cm dari lantai. karena kejadian itu kami putuskan akan membeli matras atau bantalan lantai.

130518 – Minggu siang, Kami jalan jalan ke toko sekitar pasar pucung, tujuannya membeli matras, atau bantalan karpet buat ditaruh disekitar tempat tidur..supaya kalau si dedee jatuh dari tempat tidur, maka ada tidak kena langsung ke lantai, tetapi kena bantalan karet yang cukup empuk.

Niatnya si beli bantalan lantai.. tapi malah jadi beli kolam renang karet untuk baby hehe..

140518 –
150518 –
160518 –
170518 –
180518 – Dedee kena pilek.. meler cairan bening dari hidungnya. Kami mencoba mencari penyebabnya.. kami menduga mungkin karena mamahnya menjalani puasa..sehingga asupan nutrisi asi menjadi berkurang kualitas dan kuantitasnya.. dan berpengaruh ke imunitas di dedee

190518 – Akhirnya diputuskan agar mamahnya tidak puasa, toh itu dibolehkan… dari tanya sana-sini dan buklu2 fiqih yang dibaca, apabila seorang ibu menyusui apabila kondisi bayinya dikhawatirkan kurang bagus akibat ia puasa, maka dibolehkan tidak puasa dengan syarat mengqodo dan membayar fidyah.

Ukuran Fidyah berdasarkan kitab fiqih adalah 1 mud, atau 3/4 liter beras (makanan pokok), fidyah dapat pula diganti dengan uang. Hara 1 liter beras saat ini adalah Rp10.000,- jadi kira-kira Rp7.500 per hari.

kalau tidak puasa 24 hari maka = RP7.500 x 24 = Rp180.000, diberikan kepada fakir miskin.

200518 –
210518 –
220518 –
230518 –
240518 –
250518 –
260518 –
270518 –
280518 –
290518 –

120618 – kami membawa Odi mudik lebaran pulang ke kampung, simbahnya.. mbah Ayo, mbah uti, dan mbah somarame sudah kengen pengin mengendong.

Sempet khawatir diperjalanan takut rewel..karena ini yang pertama buat odi untuk perjalanan jauh. Saat mengatar ke Agen Bus, Seorang Driver Ojol memberi kami Tips ritual ala jawa..agar bayi tidak rewel diperjalanan, yaitu suaya si Ibu menjilat Kening si anak, atau keningnya diusapi ludah ibunya. Katanya sih biar tidak ada yang ganggu (dari gangguan makhluk yg tidak kelihatan).

Alhamdulillah Dedee ODi, tertidur pulas sepanjang perjalanan, sesekali merengek minta mimi.

Sampai dikampung dengan selamat, disambut suka cita Kakek nenek dan tantenya.

180618 – Dedee odi sudah berusia 6 bulan..ia sudah mulai diberi bubur MPASI. Waktu itu mamanya pesen tepung beras merah lewat online. Ternyata dede mulai suka. Awalnya cuma dijilat2 doang..lama-lama buburnya dikunyah2 terus ditelan.

220718 – Dedee odi main ke SItu Cilogong, tapi ia malah ngantuk dan tidur.

270718 – Saat ini Dedee Odi sudah bisa duduk dan merangkak, ia pengin berdiri tetapi masih belum bisa.

010818
020818
030818
040818
050818
060818
070818 – Dedee Odi ternyata menyukai kucing, saat ada kucing ia merangkak mendekati. Mungkin ia penasaran dengan kucing itu, kok ekornya bergerak-gerak?

Pernah mamanya memergoki dede odi persis berhadap-hadapan dengan kucing, tangannya sudah bergerak mau memang, si kucing tetangga itu juga nglihatin Odi sambil melet-melet hehe. Untung mamanya cekatan, segera angkat dede odi, kalau tidak..waah bisa-bisa kucing itu sudah dipegang erat. ya kalau kucingnya diam, kalau tiba2 nyakar kan bahaya.?!

080818
090818
100818
110818
120818
130818
140818
150818
160818
170818 – Dedee odi sudah bisa berdiri dengan berpegangan pada ujung meja. Kalau dibiarkan dilantai, ia mendekati meja, meraih bibir meja dan berdiri bersandar sambil tangannya berupaya memegang apa yang ada di atas meja.

180818
190818
200818
210818
220818 – Dedee odi ikut shalat Iedul Adha yang pertama kalinya, naik motor boncengan dari rumah ke Masjid Hankam. Ternyata sampai sana udah mulai..imamnya sudah baca suratan setelah Fatihah.
Kata mamanya, ia bisa sholat. Si Odi tidak rewel..bahkan bermain dengan balita disebelah shaf.

230818
240818
250818 – Dedee sudah bisa turun dan naik ke kasur dengan lancar. Kasur springbed setinggi 20 cm sudah bisa dilewati dengan mudah.

260818 – Dedee diajak ke CCM, ke gramedia beli buku anak bergambar.. untuk latihan motorik dan kebiasaan membaca, ee pulang-pulang langsung meler.. uhh!! mungkin pengaruh AC Mall.

270818 – Dedee bener-benar sudah aktif merangkak kesana kemari, kadang merapat ke meja dan mencoba meraih apa yang ada. Karena aktivitas fisiknya itu, ia sering jatuh terjengkang atau terjerembab kepala kepentok lantai.atau dinding tembok. wahh kacian!! berapa kali menangis.. tapi salut, pantang menyerah terus keep active yaa!

280818
290818
300818

310818