Bahaya Gaya Hidup Sedentary

Pagi ini Kata-kata Sedentary life style menjadi bahasan di Grup WA temen2 kuliah. Sebelumnya kata Sedentary belum pernah ngeh di otakku.

Setelah saya cari tau artinya di mbah Google, ternyata sedentary adalah gaya hidup yang banyak duduk-duduk. Misal nonton TV berlama-lama, senderan..main WA/browsing internet, duduk kerja di kantor lebih dari 4 jam, pulang kantor duduk leyeh2 dsb..

Berdasarkan hasil riset, rata-rata orang-orang yang memiliki gaya hidup sedentary memiliki umur yang lebih pendek dibanding orang yang banyak aktif bergerak, atau bekerja di lapangan (luar ruangan). Contoh: Orang yg aktif berkerja luar ruangan seperti: petani, nelayan.

Banyak kasus dikampung-kampung, rata-rata para petani adalah para perokok. Namun karena mereka aktif bergerak sehingga efek racun nikotin dapat diminimalisir yang menyebabkan mereka tetap sehat sampai hari tuanya.

————-
Kata-kata Sedentary.. menyadarkan diriku akan pentingnya aktif bergerak. Dalam kajian lain seperti faktor-faktor yang mempengaruhi orang yang memiliki panjang umur adalah diantaranya orang-orang yang aktif bergerak/bekerja. Riset tentang hal itu diambil dari kebiasaan orang-orang Bama di Cina, Suku Hunza di Pakistan, dan Okinawa Jepang yang terkenal memiliki banyak centenarian (usia mencapai 100 tahun lebih). Masyarakat di ketiga daerah tsb terkenal sebagai masyarakat yang aktif bergerak/bekerja sebagai petani dan memiliki kebiasaan makan lebih banyak sayur dan biji-bijian dibanding asupan daging2an.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: