Manajemen Asam Urat dan Kolesterol

Aku termenung melihat hasil MCU, asam urat dan kolesterol tinggi diatas ambang normal. Kondisi tingginya asam urat dan kolesterol tsb sebenarnya sudah ku ketahui sejak MCU pertama kali di tahun 2013. Kemudian MCU berikutnya di tahun 2014, dan ditahun 2016 di bulan Agustus kemaren.

Batas normal kolesterol adalah 200/mg, dan batas normal kadar asam urat adalah 3 s/d 7mg.

Pusing juga melihat angak-angka hasil MCU tersebut.. padahal perasaan saya jarang makan daging, dan sudah mengurangi makan gorengan.

Namun demikian, untuk urusan kesehatan.. wajib tetap tidak boleh diabaikan, ngerii bro!!!

1. Kolesterol
Kolesterol diproduksi 80% oleh tubuh, sisanya 20% oleh sumber makanan yang kita makan. Kolesterol diperlukan untuk membangun dan memeilhara sel-sel tubuh.

2. Asam urat
Asam urat adalah hasil sisa pengolahan protein dalam tubuh, yaitu zat purin. zat tersebut yang membuat persendian menjadi pegal atau bengkak.

Kalau dipikir2 antara asam urat dan kolesterol memiliki banyak kesamaan penyebab, yaitu: daging2an (sumber protein).

Atas kondisi tersebut, saya mencoba melakukan manajemen sbb:
1. Pengurangan/pembatasan input makanan yang mengandung tinggi kolesterol dan zat purin.
– Hindari: daging2an, ikan laut, udang, jeroan apalagi, bayam, daun singkong, duren dsb, gorengan, makanan bersantan, makanan berminyak, makanan/minuman mengandung ragi & alkohol seperti: tape.

Makanan-makanan enak ini kadang tidak bisa kita hindari terumtama ketika ada rapat-rapat atau acara dikantor, atau diajak makan-makan oleh teman. Penjual/makanan atau warung di sekitar kantor juga dipenuhi dengan banyaknya makanan yang serba berminyak dan bersantan, seperti: soto, bakso, nasi padang, sate padang, dsb.

Solusinya adalah: usahakan membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Apabila mengikuti kegiatan makan dikantor atau ditraktir temen, usahakan tetap menghindari makanan tinggi kolesterol dan purin, nyicip dikit boleh..secuil aja, setelah itu stop!!!

2. Pengurangan Jeda Makan
– Dapat dilakukan dengan banyak berpuasa sunah.

3. Banyak minum air putih
– Minimal 8 gelas sehari (1,5 liter). Fungsi air putih adalah sebagai media pelancar siklus zat tubuh. Dengan kadar air yang cukup dalam tubuh, maka lalulintas kolesterol berjalan dengan lancar dan diharapkan tidak mengendap dijaringan pembuluh darah. Kadar air yang banyak pada tubuh juga menjadi media yang baik untuk pengeluaran zat purin dari tubuh melalui air seni, dan keringat.

4. Banyak bergerak/olahraga–> senam & jalan kaki setiap hari (minimal 30 menit). Dengan banyak bergerak, atau berolahraga maka transmisi peredaran darah yang membawa kolesterol menjadi lancar. Nutrisi sel-sel tubuh menjadi tercukupi dan sistem imun tubuh terpelihara dengan baik.

5. Banyak terkena sinar matahari pagi.
Sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk membakar (mengubah) lemak yang ada pada kulit atau tubuh berubah menjadi energi dan terbuang melalui keringat. Sinar matahari juga akan merubah vitamin2 sehingga bereaksi memparkuat tulang. Berjemurlah pada sinar matahari pagi (kira-kira jam 6.30 s/d 8.30 WIB). Saya mencoba berjemur sambil berjalan kaki dari stasiun ke kantor, dan sabtu-Minggu juga mewajibkan diri untuk jalan-jalan pagi.

6. Kontrol Pikiran
Hidup seimbang, jangan mendramatisir kondisi, banyak bersosialisasi.

7. Cukup Istirahat.

Kalau aku perhatikan, dari perbandingan hasil MCU dari tahun 2013 ke 2016 didapati skor tingkat kolesterol menurun mendekati angka 200. Alhamdulillah.. Sementara skor Asam urat justru naik??? yah, aku ingat.. hari-hari menjelang MCU, kami sekeluarga banyak makan dengan lauk sayur bayam dan daun singkong 🙂

Semoga mulai saat ini, kolesterol dan asam uratku terkontrol dengan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: