Archive for September, 2016

Akuntansi Persediaan – Invetories IAS 2

September 23, 2016

According to IAS 2, Inventories are assets held for:
– sale
– process of manufacturing/making product
– process of rendering services

At initial, inventories recorded in accounting transaction at Cost. Hence at the end it will be measured at lower cost and net realizable value (NRV).

Exception for inventories of agricultural product and trading securities.

———–
Berdasarkan pedoman IAS 2, maka cara mengaudit persediaan adalah:
1. Perhatikan tentang Cut off pembelian dan penjualan barang persediaan.
– Barang yang dibeli sudah sampai, tetapi invoice pembelian belum diproses/belum diterima.
– Persediaan jadi belum dikirim, tetapi invoice sudah dikirim dan dicatat sebagai penjualan.
– Cut off barang sangat terkait dengan Term of Payment, misal FOB Destination dsb. Perhatikan aturan ini pada invoice/kesepakatan pembelian barang.

2. Perhatikan estimasi NRV
– Estimasi NRV perlu diuji akuransinya, berikut: asumsi-asumsi yang mendasarinya.

——-

Bahaya Gaya Hidup Sedentary

September 23, 2016

Pagi ini Kata-kata Sedentary life style menjadi bahasan di Grup WA temen2 kuliah. Sebelumnya kata Sedentary belum pernah ngeh di otakku.

Setelah saya cari tau artinya di mbah Google, ternyata sedentary adalah gaya hidup yang banyak duduk-duduk. Misal nonton TV berlama-lama, senderan..main WA/browsing internet, duduk kerja di kantor lebih dari 4 jam, pulang kantor duduk leyeh2 dsb..

Berdasarkan hasil riset, rata-rata orang-orang yang memiliki gaya hidup sedentary memiliki umur yang lebih pendek dibanding orang yang banyak aktif bergerak, atau bekerja di lapangan (luar ruangan). Contoh: Orang yg aktif berkerja luar ruangan seperti: petani, nelayan.

Banyak kasus dikampung-kampung, rata-rata para petani adalah para perokok. Namun karena mereka aktif bergerak sehingga efek racun nikotin dapat diminimalisir yang menyebabkan mereka tetap sehat sampai hari tuanya.

————-
Kata-kata Sedentary.. menyadarkan diriku akan pentingnya aktif bergerak. Dalam kajian lain seperti faktor-faktor yang mempengaruhi orang yang memiliki panjang umur adalah diantaranya orang-orang yang aktif bergerak/bekerja. Riset tentang hal itu diambil dari kebiasaan orang-orang Bama di Cina, Suku Hunza di Pakistan, dan Okinawa Jepang yang terkenal memiliki banyak centenarian (usia mencapai 100 tahun lebih). Masyarakat di ketiga daerah tsb terkenal sebagai masyarakat yang aktif bergerak/bekerja sebagai petani dan memiliki kebiasaan makan lebih banyak sayur dan biji-bijian dibanding asupan daging2an.

Audit Pengadaan (Procurement & Logistics)

September 22, 2016

Procurement atau pengadaan adalah suatu hal yang penting dari kelangsungan bisnis suatu organisasi. bagi perusahaan manufaktur, kualitas barang yang dibeli akan sangat menentukan kualitas produk yang dihasilkan. Demikian pula dengan perusahaan EPC kontraktor, kualitas proyek tergantung kualitas material dan alat-alat yang dibelinya. Karena itulah fungsi procurement sangatlah strategis pada perusahaan-perusaaah tersebut.

Bagaimana untuk mengetahui suatu perencanaan berjalan dengan baik?? tentu saja harus berawal dari perencanaan kebutuhan proyek/pabrik tersebut.

1. Periksa Rencana Kerja –>untuk level korporasi.
2. Periksa kontrak proyek.
3. Periksa Project Execution Planing –> Level Project
4. Periksa Procurement Plan
5. Periksa Budget procurement
5. Periksa Teknikal Requisition
6. Periksa Progress Procuremetn Status

—————-
Inti kerja dalam audit procurement adalah
1. Membandingkan planing & aktual procurement. –> Kalau terjadi perbedaan, cari tau penyebabnya.
2. Periksa proses tendernya —>sesuai syarat/prosedur atau tidak? Jika terjadi perbedaan, cari tau penyebabnya.
3. Periksa timing pengadaan, bisa jadi prosesnya bagus tetapi karena pemesanan barang terlambat maka akan berakibat terlambatnya suatu progress proyek (khusus pengadaan pada perusahaan kontraktor).

Amalan Sukses MT (Mister Thukul)

September 21, 2016

Salah satu pelawak yang sukses dan terjaga eksistensinya adalah Pelawak dan presenter kondang Thukul Arwana. Tayangan acara yang dibawakannya hampir selalu menghiasi layar televisi setiap hari selama 10 tahun belakangan. Dari Acara 4Mata, Bukan 4mata, mister thukul jalan2 dsb. Kebetulan saya suka acara-acara MT, selalu bisa bikin ketawa..! minimal tersenyum hi!

Dari beberapa wawancara di TV dan berbagai sumber, ternyata eksistensi Mr.Thuhul di dunia lawak tetap terjaga dengan berbagai faktor amalan yang mendukungnya. Amalan-amalan tersebut adalah sbb:

1. Disiplin dalam hal Waktu
MT (mr.Thukul) sangat komitment terhadap waktu. beliau mewajibkan dirinya datang 1 jam sebelum sebuah acara mulai. Sangat disiplin!!! dan sangat komitmen!! Beliau menyatakan bahwa datang tepat waktu memiliki banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan tsb antara lain memikiki spare waktu yang agak longgar untuk lebih mempersiapkan diri, atau beradaptasi dengan lingkungan.

2. Memiliki Solidaritas tinggi terhadap teman-temannya.
MT berasal dari masyarakat bawah, ia mengawali kerja sebagai sopir, ikut kerja serabutan dsb. beliau merantau ke jakarta juga terlebih dahulu dengan mengikuti/menumpang di rumah teman. Setelah sukses, thukul tidak melupakan teman-temannya, malahan di rumahnya ia menampung teman-temannya yang belum sukses.

3. Totalitas Dalam Pekerjaan

Selain disiplin, beliau juga tidak main-main dalam bekerja sebagai presenter/pelawak. Ia bekerja total dan mengikuti isu/tren perkembangan jaman.

4. Tidak Lupa Ibadah
Secara spiritualitas, beliau tidak melupakan ibadah. Malah kabarnya.. sebagian rizki/penghasilan yang diperoleh disumbangkan ke salah satu pesantren di daerah asalnya semarang. Banyak berbagi atau bersedekah.

5. Jauh dari gosip miring
Sebagai seorang selebriti/publik figur beliau jauh dari gosip miring. Sebagian artis/PF banyak terkena gosip asmara.. kawin cerai, ketahuan selingkuh, atau malah narkoba!!! sejauh ini beliau tidak pernah diberitakan seperti itu. Mungkin selama ini beliau memiliki perilaku baik sehingga jauh dari gosip-gosip miring tsb.

Demikian amalan-amalan MT. Saya pikir cocok untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari dan dunia profesi lain-lainnya.

Ikhlas dan Nikmati Proses

September 9, 2016

Kalimat ikhlas dan nikmati proses ini saya ambil dari postingan Whatsup grup temen2 kuliah. Kalimatnya bagus, patut direnungkan dan mengena dihati. kalimat-kalimatnya sebagai berikut:

“Hi..hi.. Nikmati proses yag ada..Jng berharap balas jasa, atau berharap balas budi. Sebagai contoh kita maka sate..Nikmati proses makan sate tsb, jangan berharap akan ada kenikmatan setalah sate itu dimakan.. buanglah setelah itu melalui wc agar tidak bau.

Semisal kita membantu teman atau saudara.. Jgn berharap akan ada balas jasa.. balas budi dr yang bersangkutan.. karena jika ternyata harapan itu tidak terjadi..maka akan menjadi sakit hati.

Berbuat baik kpd Si A pastilah akan mendapatkan kebaikan.. tidak harus dari si A, mungkin justru balasan kebaikan dari si Z dan waktunya tidak bisa diprediksi.

Berbuat jahat kepada si K belum tentu dibalas dijahati balik oleh si K, namun bisa jadi dibalas dijahati dari orang lain, misal oleh si M.

Mempunyai anak..janganlah berharap banyak di masa depan..krn ga ada yag menjamin anak akan berbakti kepada ortunya. Nikmati saja apa yang ada sekarang.. kebanggaan dan kelucuan dari anak tsb..

Ketika kita banyak berharap kepada makhluk, kita akan banyak kecewa..

(Ahmad Ibnu Romdhon, posting WA tgl 9-9-16, pukul 5.24 WIB)

Jodoh itu misteri

September 8, 2016

Jodoh.. jodoh sekali lagi jodoh itu memang misteri.

Kenapa?????

Pengalaman hidup gw mengajarkan… kalau bukan jodoh itu biar dikejar..kejaaar setengah mampus juga ga dapet!!! kalau bukan jodoh rasanya itu berat.. pokonya berat aja di hati.

Pengalaman gagal mendapatkan jodoh sudah banyak.. malu sebenarnya nulisnya.

Intinya sih terus aja berdoa dan berusaha… terus..dan teruuusss.. jangan menyerah ya! pokoknya terus doa dan ikhtiar. hati kudu Yikiiin dech! pasti dapet yang cocok!! Gw sudah membuktikan soalnya.


Jodoh antara keinginan dan kebutuhan,

Kite kite biasanya penginnya jodohnya yang cantiiik, cakep sesuai selera, pinter..punya pendidikan tinggi, pinter cas-cis cus..cerdas, kalau bisa yang agak tajir, keturunan orang hebat..kalau bisa. Kalu cewek biasnya menginginkan jodoh cowo yang tinggi, atletis, gagah (macho), punya mobil, pinter ngerayu/romantis, kerjaan mapan dsb… kalau dipikir2 wajar sih, berkeinginan seperti itu. Gw dulu jg gitu..penginnya cari yang super-super hehe.

Tapi realitas biasaya tidak sebanding dengan keinginan. Kalau yang cantik..biasanya agak sedikit jaim; kalau yang cerdas, pendidikan tinggi biasanya egonya tinggi; kalau yang tajir.. biasanya sih seleranya tinggi, makan di warteg agak segen hehe. Ini sih pengamatan pribadi, tidak semua begitu.


Pilihlah yang sesuai kebutuhan terlebih dahulu dibanding keinginan. Tujuan cari jodoh (untuk menikah) adalah hal serius.. artinya tampilan yang bersifat materi janganlah terlalu diutamakan.

Carilah yang sesuai kebutuhan.. Kita butuhnya apa??? butuh ketenangan hati?? carilah yang tipe-tipe yang bisa menenangkan hati. InsyaAlloh..kalau niat tulus, nantinya akan menemukan yang sesuai dengan kebutuhan.


So, No body perfects. Dont’s thinks so perfects! And Miracle is there.

Aneka Rasa Madu

September 8, 2016

Madu, sebuah cairan maniezz yang enak dimulut enak di badan.

Kebetulan,Saya tu pecinta madu. Ya cintalaaah.. maniezzz, sehat lagi.
Berikut aneka rasa madu yang pernah kucicipi:

1. Madu merk Pramuka
Madu pramuka sebuah merk madu terkenal dalam negeri yang dihasilkan dari peternakan sendiri. Pusatnya di TamanJambore Cibubur. Merk Madu ini boleh dikatakan reliable, aku yakin dengan kredibilitas nama pramuka itu. Madu premuka memiliki beberapa jenis:
a. Madu Super… campuran madu multifora, royal jelly dan beepollen.
Teksturnya agak kentel karena campuran beepoolen dan royal jelly, rasa agak kecut dikit..mungkin karena pengaruh royal jelly. Saya dulu suka konsumsi madu ini. Kasiat yang dirasakan sih lumayan.
b. Madu Mahoni..sempet beli dipramuka jambore, rasanya agak pahit dikit..banyak manisnya. Saya pernah konsumsi ini, ditenggorokan agak berasa nyegrak.
C. Madu Multifora… rasanya maniz, warna coklat.

2. Madu merk BinaApriari.
Saya tertarik membeli madu tsb berawal dari menemukan website binaapriari tsb. Perintis usaha ternak binaapriari adalah seorang mantan pegawai kehutanan di era 80-an. Pada bulan Juni 2016. Saya sendiri langsung datang ke kantor BinaApriari di Jl.pertanian pasar minggu, sebelah barat Gereja. Kantornya berupa rumah tua yang cukup rindang.Disana dijual aneka madu. Pelayannya seorang mbak yang ramah. Bila membeli produk madu lebih dari Rp1 juta, akan menjadi member..dan dapat potongan 20% setiap produknya. Madu yang dijual:
a. madu Super, campuran madu-royal jelly. Rasanya alami madu. Saya recommended yang ini.
b. Beepoolen, bee pollen disini lebih halus dibanding yang di pramuka.

3. Madu merk Azikra
Saya membeli madu ini saat ada pengajian Ust.Arifin Ilham dikantor. Azikra menawarkan madu pahit dan madu manis asli dari Kalimatan,
a. Madu pahit, Rasa madu pahit azikra lebih pahit dibanding madu mahoni pramuka. Katanya sih dari pohon mahoni, dan kamboja di Kalimatan. Tapi.. saya search di internet di kalsel sudah jarang pohon mahoni dan kamboja.
b. Madu manis, saya pesen dari agen di sentul seharga Rp500ribu.
Rasa madu azikra sedikit berbeda dengan rasa madu binaapriari dan pramuka.

3. Madu Malika,

ini saya beli dicarefour Kalibata. Katanya sih madu dari mesir yang menghisap sari2 tanaman di perkebunan habataussauda. Rasanya lebih manis dibanding madu lokal, menurut saya ada rasa2 mint dikit.

4. Madu Alijaber
Produk madu yang dikeluarkan oleh yayasan Alijaber. Saya beli saat seminar Syech Alijaber. madu alijaber juga katanya import dari Mesir, yaitu madu dari lebah peternakan di areal perkebunan habatussauda. kalau boleh komparasi dengan madu malika, madu alijaber lebih kental, rasanya manis.

5. Madu Asyifa
Ini madu banyak dipasaran supermarket/swalanya. Rasanya manis.. ini sepertinya madu olahan jadi bukan madu mentah. Ada madu blackforest lebih hitam dan harga lebih mahal.

6. Madu Uray
Ini saya beli karena searching alamat madu yang bagus di internet. Katanya sih dari madu hutan, jadi madu bukan ternak. Warnanya coklahitam.Rasa madu ini sih manis..sangat manis mirip gula aren.

7. Madu Nusantara
Produk madu ini juga banyak dijual di Alfamart/super market. Ini madu sudah olahan, jadi rasanya manis.

8. Madu Tresnojoyo,
Dulu saya sering beli produk ini terutama madu kurma, rasanya mirip kurma sih. Kalu madu murninya sih manis..khas madu olahan pabrik.

9. Madu Rasa, produksi air mancur
.
Dulu banget sering minum satu sachet madu ini. Rasanya manis.

10. Madu merk LebahMuda.
madu ini saya beli di komplek herbarium kebunraya bogor. Saya beli madu hutan sumatera dan madu rambutan.
Untuk madu rambutan lebih manis seperti madu dipasaran pada umumnya. Untuk madu hutan sumatera rasanya aseli.. khas madu murni, rasa lebih berasa… ini kayanya asli.

11. Madu Clover

Madu clover berasal dari madu bunga clover yang tumbuh di Australia. Saya membeli madu dari temenku seorang anggota MLM. Madu clover berwarna kuning jenuh tercampur dengan beberapa butir beepolen, teksturnya sangat kental (lebih kental dibanding madu arab, aapalagi di banding madu lokal). Rasanya maniz.. tetapi tak semanis madu lokal/arab.

12. Madu Pakistan,
Madu pakistan, madu ini pernah saya beli pada sebuah toko aneka madu di Jl.Condet Raya di tahun 2012. Rasanya manizz, lebih manis dari madu arab asyifa, kekentalan sama.

13. Madu Sialang – Madu Hutan Sumatera Selatan

Ini madu asli, kebatulan pada tgl 29 Sept 16 saya mendapat tugas ke daerah sumpal, yaitu stasiun pengumpul gas milik Perusahaan Conocophilps di pedalaman sumatera selatan, satu jam dari Kec.Bayunglencir, kab.Muba. Pada saat mobil kami melintasi jalanan tanah di areal hutan WKP menuju lokasi proyek, seorang anak umur 10 tahunan sedang duduk ditepi jalan dengan beberapa botol air mineral berisi madu. harga madu untuk ukuran 1 botol aqua sedang dihargai Rp50ribu, sementara untuk botol besar dihrgai Rp100ribu. Kami dan temen2 segera memutar haluan mobil untuk membeli madu tersebut.
Rasa madu ini khas: madu hutan asli, berwarna coklat dan masih bercampur dengan sedikit beepoolen serta lilin lebah. Ada juga madu hitam..warna coklatnya lebih gelap. Menurut si penjual..warna madu yang lebih gelap disebabkan jenis pohon tertentu disekitar sarang madu.

Madu sialang ini asli.. memiliki banyak gas air, ketika lama ditutup dibotol aqua ketika dibuka akan meletup. Untuk khasiat dibadan.. yang saya rasakan setelah minum madu tsb, badan terasa lebih hangat.

Manajemen Asam Urat dan Kolesterol

September 7, 2016

Aku termenung melihat hasil MCU, asam urat dan kolesterol tinggi diatas ambang normal. Kondisi tingginya asam urat dan kolesterol tsb sebenarnya sudah ku ketahui sejak MCU pertama kali di tahun 2013. Kemudian MCU berikutnya di tahun 2014, dan ditahun 2016 di bulan Agustus kemaren.

Batas normal kolesterol adalah 200/mg, dan batas normal kadar asam urat adalah 3 s/d 7mg.

Pusing juga melihat angak-angka hasil MCU tersebut.. padahal perasaan saya jarang makan daging, dan sudah mengurangi makan gorengan.

Namun demikian, untuk urusan kesehatan.. wajib tetap tidak boleh diabaikan, ngerii bro!!!

1. Kolesterol
Kolesterol diproduksi 80% oleh tubuh, sisanya 20% oleh sumber makanan yang kita makan. Kolesterol diperlukan untuk membangun dan memeilhara sel-sel tubuh.

2. Asam urat
Asam urat adalah hasil sisa pengolahan protein dalam tubuh, yaitu zat purin. zat tersebut yang membuat persendian menjadi pegal atau bengkak.

Kalau dipikir2 antara asam urat dan kolesterol memiliki banyak kesamaan penyebab, yaitu: daging2an (sumber protein).

Atas kondisi tersebut, saya mencoba melakukan manajemen sbb:
1. Pengurangan/pembatasan input makanan yang mengandung tinggi kolesterol dan zat purin.
– Hindari: daging2an, ikan laut, udang, jeroan apalagi, bayam, daun singkong, duren dsb, gorengan, makanan bersantan, makanan berminyak, makanan/minuman mengandung ragi & alkohol seperti: tape.

Makanan-makanan enak ini kadang tidak bisa kita hindari terumtama ketika ada rapat-rapat atau acara dikantor, atau diajak makan-makan oleh teman. Penjual/makanan atau warung di sekitar kantor juga dipenuhi dengan banyaknya makanan yang serba berminyak dan bersantan, seperti: soto, bakso, nasi padang, sate padang, dsb.

Solusinya adalah: usahakan membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Apabila mengikuti kegiatan makan dikantor atau ditraktir temen, usahakan tetap menghindari makanan tinggi kolesterol dan purin, nyicip dikit boleh..secuil aja, setelah itu stop!!!

2. Pengurangan Jeda Makan
– Dapat dilakukan dengan banyak berpuasa sunah.

3. Banyak minum air putih
– Minimal 8 gelas sehari (1,5 liter). Fungsi air putih adalah sebagai media pelancar siklus zat tubuh. Dengan kadar air yang cukup dalam tubuh, maka lalulintas kolesterol berjalan dengan lancar dan diharapkan tidak mengendap dijaringan pembuluh darah. Kadar air yang banyak pada tubuh juga menjadi media yang baik untuk pengeluaran zat purin dari tubuh melalui air seni, dan keringat.

4. Banyak bergerak/olahraga–> senam & jalan kaki setiap hari (minimal 30 menit). Dengan banyak bergerak, atau berolahraga maka transmisi peredaran darah yang membawa kolesterol menjadi lancar. Nutrisi sel-sel tubuh menjadi tercukupi dan sistem imun tubuh terpelihara dengan baik.

5. Banyak terkena sinar matahari pagi.
Sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk membakar (mengubah) lemak yang ada pada kulit atau tubuh berubah menjadi energi dan terbuang melalui keringat. Sinar matahari juga akan merubah vitamin2 sehingga bereaksi memparkuat tulang. Berjemurlah pada sinar matahari pagi (kira-kira jam 6.30 s/d 8.30 WIB). Saya mencoba berjemur sambil berjalan kaki dari stasiun ke kantor, dan sabtu-Minggu juga mewajibkan diri untuk jalan-jalan pagi.

6. Kontrol Pikiran
Hidup seimbang, jangan mendramatisir kondisi, banyak bersosialisasi.

7. Cukup Istirahat.

Kalau aku perhatikan, dari perbandingan hasil MCU dari tahun 2013 ke 2016 didapati skor tingkat kolesterol menurun mendekati angka 200. Alhamdulillah.. Sementara skor Asam urat justru naik??? yah, aku ingat.. hari-hari menjelang MCU, kami sekeluarga banyak makan dengan lauk sayur bayam dan daun singkong 🙂

Semoga mulai saat ini, kolesterol dan asam uratku terkontrol dengan baik.

Menghafal Al Quran dengan Metode Madinah

September 7, 2016

Semangat menghafal Al Quran bergema dimana-mana. Sekarang ini tren menghafal Al Quran di kalangan umat Islam menaik. Gema tren menghafal Al Quran tersebut mulai populer setelah kemunculan ustadz Yusuf Mansyur di TV – TV, yang poluler sebagai ustadz yang menekankan pentingnya menghafal AlQuran dan bersedekah. Ustadz Yusuf mendengungkan metode menghafal one day one ayat (ODOA).

Selain ustadz Yusuf, adalagi mubaligh yang terkenal dengan AlQurannya, beliau adalah syech Ali Jabir. Mubaligh asal saudi yang sudah menjadi WNI terkenal sebagai pendakwah yang menyeruukan pentingnya menghafal Al Quran. Karena beliau lahir dan besar di kota Madinah, maka beliau mengajari cara-cara menghafal Al Quran metode Madinah. Metode tsb diambil dari cara pengajaran para syech/ guru AL Quran di kota Suci Madinah.

Kebetulan, pada bulan Syaban (Mei 2016) saya tertarik atas sebuah postingan di WA tentang adanya training/seminar menghafal Al Quran metode Madinah yang dibawakan langsung oleh Syech Ali jabir.

Saya ikut..
Seminar di selenggarakan si sebuah hotel di kawasan Cilandak/cipete. Dengan investasi Rp500.000,- saya seharian menyimak pelajaran-pelajaran yang disampaikan oleh Syech Ali tsb.

Adapun metode madinah yang saya dengar langsung dari penuturan Syach Ali, kurang lebih sebagai berikut:

1. Adanya visi menjadi penghafal AlQuran.
Masukan menjadi penghafal AlQuran sebagai cita-cita/dan target dalam hidup. Syech menyarankan agar setiap kali kita akan beranjak tidur, saat berbaring dan membaca doa tidur.. banyangkanlah suatu kondisi di suatu saat nanti, dimana diri kita diwisuda menjadi penghafal AlQuran.. disalami oleh para Ulama, di tengah keluarga tericinta dan dalam kondisi bahagia tiada tara. banyangkan saat kita mau tidur, suatu saat kita menjadi hafal seluruh AlQuran, dan ilmu tersebut bermanfaat dan mendapat keberkahan di dunia dan akhirat.

2. Gunakan satu AlQuran khusus, jangan ganti-ganti Al Quran.

3. Sebelum membaca Ayat yang akan dihafal, lakukan teknik Scan. Perhatikanlah dengan seksama dengan kekuatan mata kepada seluruh permukaan permukaan mushaf. Rekamlah gambar dan satu-persaut tulisan yang ada pada lembar mushaf tersebut melalui konsentrasi perhatian mata.

4. Gunakan otak kanan untuk merekam tulisan di mushaf.

5. Membaca dengan mengangkat mushaf dengan posisi mushaf agak sejajar dengan posisi mata, agak menyerong ke kiri.

6. Selanjutnya rajin mengulang ayat demi ayat, dengan mengaitkan satu ayat dengan ayat sebelumnya. jangan pernah memulai hafalan baru sebelum ayat sebelumnya sudah benar-benar hafal terikat di hati/pikiran.

7. Mencari Guru Al Quran, dan belajar padanya untuk dapat mengkoreksi setiap bacaan yang kita hafal.

8. Usahakan Guru Al Quran membisikan satu ayat ke dekat telinga muridnya. kemudian muridnya mengulang apa yang dibisikan gurunya tersebut. Metode ini lebih kena dihati, sebagaimana Malaikat Jibril membisikan satu-per satu ayat kepada nabi Muhammad SAW.

9. Menjadikan kebiasaan membaca Al Quran seperti kebutuhan melihat media sosmed.
Kebanyakan dari kita sekarang begitu bergantung atau keranjingan baca berita sosmed, entah dari Whatups, dari BBM atau dari youthube. Bentar2 ngelihat HP, bentar2 chek HP… seberapa sering kita melihat HP, dan seberapa antusias kita melihat HP. “Jika kita bisa menjadikan membaca AlQuran seperti sesering kebiasaan melihat sosmed HP, maka dijamin bisa hafal AlQuran dengan cepat” demikian ulas Syech Ali dalam ceramahnya.

Demikian disampaikan, sebagaimana penulis dengar dari Syech ALi.
Apabila ada salah kutip/lupa..mohon maaf.

Menulis Lagi..menulis lagi

September 7, 2016

Menulis lagi… mencoba menulis lagi.

Menulis, sebuah pernyataan yang pernah ku baca dari penulis terkenal “Alm Bpk.Pramudya Ananta Toer”, salah satu quote beliau adalah ” menulislah terus, walau buku yang engkau buat tidak pernah terbit”, quote berikutnya adalah: “sepintar apapun orang, kalau tidak menulis maka ia akan hilang dari peradaban”.

Menulis, menulis.. lagi.
Inspirasi menulis lagi tersebut terbersit berkat adanya lomba writing contest di perusahaan tempatku bekerja. Adanya lomba tersebut menantang semangat untuk menuliskan imajinasi.

Menulis, menulis lagi.
Berkenaan dengan lomba tsb, saya mencoba broswsing-brwosing tentang cara menulis yang baik, dan cara memenangi lomba writing contest. Akhirnya ketemulah sebuah blog bagus milik bpk.Yusran Darmawan, angin-timur.com.; blog ini sangat inspiratif. Dari blog tsb menyebutkan bahwa menulis adalah proses meditasi, proses transformasi pikiran seseorang ke media, menulis adalah berbagi. Menulislah terus.. diblog tsb disebutkan bahwa pelukis terkenal Van Gogh semasa hidupnya penuh dengan kekurangan, ia mencoba menawarkan dan menjual lukisan-lukisan miliknya untuk membiayai hidupnya, namun sayangnya..tak seorangpun tertarik atas lukisannya sampai ia meninggal.

Ajaibnya, setelah van gogh meninggal, seorang saudaranya mencoba menjual lukisan tsb yang menumpuk di gudang. Ternyata lukisan tersebut laku dijual dengan harga yang sangat mahal!!

Belajar dari kasus van gogh tersebut, barangkali lukisan, tulisan, atau apapun karya yang Anda buat, walau saat ini belum laku atau tiada arti..namun bisa jadi suatu nanti, mungkin akan berguna dan dicari banyak orang!!!

Sungguh suatu kisah yang sangat menginspirasi.