Miliader Spirit – Hadits Tentang Kesejahteraan Seorang Muslim

Point-point membahasa buku miliader spirit oleh Bpk.Sofwan Jauhari Lc (pengarang buku tsb) di masjid ulil albab Kalibata tgl 07 April 16:

Mengutip sebuah hadits Rasululloh SAW tentang ciri-ciri kebahagian yang dimiliki oleh seorang muslim adalah apabila ia 1). Memiliki Istri yang sholihah 2).Memiliki rumah yang luas 3).memiliki kendaraan yang baik dan yang ke 4).Memiliki tetangga yang baik.(HR. Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid hal. 302.)

1)Istri shalihah (dalam kajian fiqih muamalah saat itu tidak dibahas).

2). Rumah yang luas
Dari hadits tsb seharusnya menjadi bahan pemikiran bagi seorang muslim dari tinjauan fiqih muamalah miliader spririt. Hadits tsb secara implisit menghendaki agar seorang muslim giat mencari nafkah/rizki dari Allah SWT sehingga ia mampu membeli rumah tempat tinggal yang layak.

Rumah yang layak bagi sebuah keluarga muslim, dengan merujuk kepada kaidah hukum fiqih, apabila ia memiliki anak 2 (laki dan perempuan) maka kamar kedua anak tsb wajib dipisah maka ia harus membangun rumah yang memiliki minimal 3 kamar (kamar ortu, kamar anak perempuan, kamar anak laki-laki). Jika keluarga muslim memiliki pembantu rumah tangga yang tinggal bersama maka ia wajib menyediakan 1 lagi kamar, dan perlu juga menyediakan kamar tamu untuk keluarga atau tamu yang berkunjung. Maka rumah ideal seorang muslim minimal memiliki 5 kamar. Rumah dengan minimal 3 kamar memerlukan rumah yang luas minimal type 45 (tingkat), atau type 70. Naah… silahkan… ini.

Hadits tsb seolah memberikan challange (tantangan) kepada setiap muslim untuk mewujudkan impian membangun rumah yang layak. Kalau jaman sekarang..type 70lah (minimal)! hehe

3). Memiliki kendaraan yang baik

Kendaraan pada jaman nabi yaitu unta, keledai, dan kuda yang berkualitas bagus.. mampu menempuh perjalanan jauh, dan dapat bergerak dengan cukup cepat. Kalau dianalogikan jaman sekarang ya.. motor, mobil dsb.
Kriteria kendaraan bagus… kalau mobil ya minimal kira-kira ..mobil avanza. jadi seorang muslim minimal punya mobil avanza, sehingga dapat mendukung mobilitas dia untuk mencari nafkah dan memudahkan mobilitas keluarganya misal untuk pergi ke silaturahim, besuk orang sakit, takziah,kondangan, rekreasi dll. Apabila memiliki mobil maka ia akan lebih leluasa karena dapat membawa keluraga menempuh jarak jauh.

4).Memiliki tetangga yang baik.
Tetangga yang baik akan memberikan ketenangan. Maka dari itu dianjurkan untuk seorang muslim ketika akan membeli rumah.. tidak hanya melihat ujud calon rumah tempat tinggalnya, namun ia perlu survey juga tentang kondisi lingkungan sekitar..kondisi lingkunan calon tetangganya.

Dengan memiliki keempat kondisi diatas, akan memudahkan seorang muslim meraih kesejahteraan fidunnya wal akhirat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: