Khutbah Jumat : Sistem Pendidikan Anak

Khutbah Jumat di Masjid Ulil Albab, Kalibata tgl26-02-16.

Point-point khutbah:

  • Agar dapat mendidik anak sehingga terbantuk pribadi yang berakhlak mulia diperlukan sistem Role Model atau contoh baik dari kedua orang tuannya.
  • Pada usia anak dini (usia 1 s/d 12 tahun) memiliki kebiasaan yang meniru apa-apa yang ia lihat dan ia dengar dari orang-orang disekitarnya. Ketika ia melihat sesuatu yang buruk, maka ia meniru perkataan dan perbuatan tersebut. Atas hal tersebut, orang tua sebagai individu terdekat..diwajibkan untuk membarikan contoh baik, sehingga ditiru oleh anak-anaknya..yang kemudian tumbuh menjadi baik mengikuti perilaku kedua orangtuannya.
  • Dalam mendidik, dan membarikan Role model, kedua orang tua tersebut wajib bersungguh-sungguh dan bekerja sama sehingga mampu membetuk iklim edukasi yang baik bagi proses tumbuh kembang fisik dan psikologi Anak.
  • Khotib membacakan surat Ar Raad:12 – “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum tsb merubah nasibnya sendiri”. Ayat tersebut perlu diterapkan dalam implemetasi kesungguhan mendidik anak, sehingga terbentuk karakter anak yang berakhlak mulia.
  • Khotib mencontohkan pendidikan model Nabi Ibrahim AS sehingga menumbuhkan anak Sesholih Nabi Ismail AS. Ismail AS tumbuh sebagai seorang remaja yang sangat hormat dan patuh kepada Ayahnya. Dimana ia tumbuh dalam suasana tauhid dan keyakinan yang mendalam Kepada Allah SWT, sehingga taat..dan patuh menurut kepada Ayahnya ketika ia akan dikorbankan/disebelih untuk dijadikan kurban.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: