Beli Mobil Jangan Ngutang

Menyimak pengajian fiqih muaamalah Ba’da shalat dzuhur oleh Ustadz M.Sofwan Jauhari Lc di Mesjid kantor, dan bedah buku miliarder spirit pada tgl 04 Feb 16.

1. Untuk menjadi kaya, salah satu syaratnya adalah banyak bergaul dan berteman orang-orang yang cocok, yaitu orang-orang yang kaya/pinter bisnis. ketika kita sering bergaul dengan mereka, diharapkan kita menjadi terpengaruh kebarhasilannya dalam bisnis. Dan kita dapat mengetahui seluk-beluk bisnis dengan baik.

Administrasikan contact person relasi kita di google drive sebagai backup, disamping di hp kita.

2. Membeli property rumah tinggal.
Salah satu syarat hidup bahagia adalah memiliki rumah sendiri. Dengan memiliki rumah sendiri diharapkan pikiran menjadi lebih tenang, lebih fokus.
Dianjuarkan bagi pasangan muda yang baru menikah, segeralah untuk membeli rumah sendiri. Rumah sendiri akan memberikan ketenangan dibanding masih menumpang dirumah orang tua atau mertua.
Membeli rumah usahakan membeli rumah via bank syariah dengan sistem murobahah (jual-beli) karena sistem tersebut menjadikan kita sebagai sipemilik rumah sehingga dan bank tidak bisa berbuat semena-mena walau misal cicilannya tersendat.

3. Membeli kendaraan
Kendaraan diperlukan untuk mendukung mobilitas untuk kepentingan kerja atau bisnis. Untuk kendaraaan sebaiknya membeli secara cash/tunai. Kalau kita membeli kendaraan misal mobil atau motor dengan sistem kredit.. maka kita hanya memberi keuntungan pihak leasing sementara harga jual motor/mobil akan anjlok setelah berjalannya tahun.

Belilah mobil second yang masih layak/bagus sesuai dengan kemampuan kita. Misal kita punya tabungan Rp70 juta. Belilah mobil second secara cash, daripada beli mobil baru secara kredit dengan DP uang 70 juta tsb. karena secara nilai uang kita sebenarnya rugi jika membeli mobil baru.

4. Berhajilah
Dengan berhaji maka kita menjadi lebih kaya, demikian ustadz menjelaskan. Memang beribadah haji itu paling afdhol semata-mata karena Allah SWT, akan tetapi ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa dengan berhaji dapat menjadi salah satu faktor untuk menghilangkan kemiskinan.

Jika kita memiliki uang, mendaftarlah haji sejak sekarang. Karena masa tunggu sudah lebih dari 10 tahun.

5. Bekarja giat.
Rata-rata kita bekerja hanya 8 jam. Namun untuk menjadi lebih kaya sebaiknya kita menambah jam kerja produktif lebih tinggi lagi misal menjadi 12 jam, demikian pak Ustadz mencontohkan dirinya sendiri.

Berusahalah agar usaha sampingan yang kita lakukan, memiliki pendapatan yang melebihi pendapatan utama (gaji thp dari kantor tempat kita bekerja). Misal gaji THP 10 jt.. berusahalah penghasilan sampingan per bulan mencapai 15 juta.

Namun, jangan sekali-kali kita berani resign dari kantor (pekerjaan pokok kita) sebelum bisnis kita betul-betul establish dan menjanjikan sampai hari tua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: