Archive for February, 2016

Habit Positif-02: Berangkat ke Kantor Lebih Pagi

February 26, 2016

Berangkat ke kantor lebih pagi itu menguntungkan lho..!!!

Keuntungan -keuntungannya yaitu:

  1. Menghirup Udara yang lebih Segar dan lebih Fresh –>menjadi lebih sehat!
  2. Menghidari polusi udara yang berlebih–>menjadi lebih sehat! Semakin lebih pagi, kendaran belum banyak dijalanan.
  3. Tidak terjabak macet!! Bisanya..kebanyakan orang-orang mulai pergi berkendaraan setelah jam 06.00 pagi, jadi bila berangkat dari rumah sebelum jam 6..dipastikan jalanan masih agak lengang.
  4.  Memiliki banyak waktu untuk persiapan, sebelum jam kerja.
  5. Otak lebih segar, waktu lebih luang dan Bekerja menjadi lebih optimal.

—–

Saya pernah membaca profil seorang CEO di Perusahaan BUMN ternama, bahwa ia bisa menjadi CEO karena dedikasinya yang sangat tinggi kepada Perusahaan tempat ia bekerja. Salah satu kiatnya adalah datang ke kantor lebih pagi. Ia sudah datang jam 7 pagi di kantor… dan ia pulang kerja jam 7 malam.

Semangaat pagiiii!!!!

(tulisan ini dibuat, dalam rangka merubah habit diriku yang sering datang ke kantor terlambat dari jam seharusnya..). Semogaa bisa berubah… aamiiin.

Khutbah Jumat : Sistem Pendidikan Anak

February 26, 2016

Khutbah Jumat di Masjid Ulil Albab, Kalibata tgl26-02-16.

Point-point khutbah:

  • Agar dapat mendidik anak sehingga terbantuk pribadi yang berakhlak mulia diperlukan sistem Role Model atau contoh baik dari kedua orang tuannya.
  • Pada usia anak dini (usia 1 s/d 12 tahun) memiliki kebiasaan yang meniru apa-apa yang ia lihat dan ia dengar dari orang-orang disekitarnya. Ketika ia melihat sesuatu yang buruk, maka ia meniru perkataan dan perbuatan tersebut. Atas hal tersebut, orang tua sebagai individu terdekat..diwajibkan untuk membarikan contoh baik, sehingga ditiru oleh anak-anaknya..yang kemudian tumbuh menjadi baik mengikuti perilaku kedua orangtuannya.
  • Dalam mendidik, dan membarikan Role model, kedua orang tua tersebut wajib bersungguh-sungguh dan bekerja sama sehingga mampu membetuk iklim edukasi yang baik bagi proses tumbuh kembang fisik dan psikologi Anak.
  • Khotib membacakan surat Ar Raad:12 – “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum tsb merubah nasibnya sendiri”. Ayat tersebut perlu diterapkan dalam implemetasi kesungguhan mendidik anak, sehingga terbentuk karakter anak yang berakhlak mulia.
  • Khotib mencontohkan pendidikan model Nabi Ibrahim AS sehingga menumbuhkan anak Sesholih Nabi Ismail AS. Ismail AS tumbuh sebagai seorang remaja yang sangat hormat dan patuh kepada Ayahnya. Dimana ia tumbuh dalam suasana tauhid dan keyakinan yang mendalam Kepada Allah SWT, sehingga taat..dan patuh menurut kepada Ayahnya ketika ia akan dikorbankan/disebelih untuk dijadikan kurban.

Habit Positif – 01. STOP LIHAT wHATSUP Grup di Jam Kerja!!!

February 24, 2016

Otak manusia diciptakan terstruktur linier.. ibaratnya mesin kalau banyak instruksi input, kinerja akan terpecah sehingga masing-masing output menjadi tidak optimal.

Demikian pula otak. Ia akan tidak berkerja dengan optimal apabila memikirkan banyak hal. Atas hal tersebut perlu fokus.

Jaman sekarang penggunaan media sosial Whatsups seolah tak terhenti menjajah. Apalagi whatsups-wahtusp grup, entah itu grup alumni sekolah..kuliah,  yang kebanyakan isinya tidak penting..penting banget, kelakar canda, posting meme atau gambar2 lucu-lucuan dll. Ada juga sih postingan penting ttg kesehatan.. ada juga postingan tausiah agama dll. Ya itu semua bagus dibaca. Namun mungkin lebih pas jika dibaca pada saat yang tepat, misalnya saat rileks malam hari menjelang tidur, atau saat jam istirahat kantor.

Sementara pada saat jam kerja kantor kondisinya lain, kita dituntu serius menuangkan potensi kita dalam bekerja misal mengetik/membuat laporan, mengikuti rapat, dll. Sehingga tidaklah tepat dan sangat tidak produktif jika pada saat itu digunakan untuk sesekali mengamati bacaa Whatsup grup alumni atau grup komunitas yang tidak relevan dengan pekerjaan kantor.

Dan saya sudah rasakan sendiri, perhatian kerja menjadi terpecah.. karena keseringan melihat isi whatsup grup. Bekerja menjadi kurang produktif dan output kurang optimal.

Oleh sabab itu, mulai saat ini saya berazam untuk TIDAK MELIHAT WHATUPS GRUP APAPUN kecuali Grup TERKAIT PEKERJAAN KANTOR dan WA JAPRI, pada JAM KERJA KANTOR… PUKUL 08.00 – 17.00WIB.

Demikian, semoga diriku konsisten!!! Aaammiiin.

Khutbah Jumat 19-02-16 Pentingnya Belajar Menuntut Ilmu

February 19, 2016

Khotib: Dr.Adian Huseini, Masjid Ulil ALbab, Kalibata.

Point-point penting:

  1. Manuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim. Hadits Riwayat Ibnu Majah:
  2. طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kuli muslimin.
  3. Tidak belajar/menuntut ilmu dihukumi berdosa. karna jika seorang muslim tidak belajar..maka dikhawatirkan berpotensi ia akan tersesat ke arah jalan yang salah dalam beribadah dan sikap hidup.
  4. Ilmu yang wajib dipelajari: Fardhu ‘ain: Ilmu Agama: Tauhid dan Fiqih, supaya setiap muslim dapat beribadah dengan benar sesuai tuntunan Nabi SAW.
  5. Ilmu yang wajib dipelajari: Ilmu mencari nafkah, tujuan: agar setiap muslim dapat mencari nafkah dengan layak sehingga mampu menghidupi dirinya dan keluargannya dengan layak.
  6. Hendaknya setiap orang tua mengevaluasi anak-anak dan keluarga mereka atas pemahaman ilmu agama: Apakah sholatnya sudah benar? apakah baca qurannya sudah benar? apakah akhlaknya sudah bagus?  Apakah hukum2 dasar agama sudah dipahami, halal, haram, mubah dsb…Kemudian melakukan pendidikan terus menerus.
  7. Membacakan sebuah ayat “ku anfusikum wa ahlikum narro”. Orang tua harus mendidik dirinya sendiri dan memberikan pendidikan/contoh baik akhlak anak-anak mereka agar tidak terjerumus kepada pergaulan bebas, apalagi kecenderungan psikis ke arah LGBT.
  8. Mencarikan sekolah yang bagus untuk anak-anak itu baik, tetapi pendidikan terbaik dimulai dari contoh orang tua dan lingkungan keluarga.

Demikian, kalimat-kalimat dari khotib yang saya ingat.

Menyapa itu Penting, Sapalah telebih dahulu!

February 19, 2016

Mengapa saya menulis ini…

Ini kejadian kemarin, pas menunggu naik lift… ketemu temen sekantor, dari devisi lain sih. Saya si kenal beliaunya itu, hanya kenal nama..dan kenal wajah, tapi berkomunikasi..atau bercakap belum pernah.

Ketika menunggu lift tsb saling berhadapan.. menghadap lift! masing-masing diam, bengong,…suasana serasa lama banget!!!

Sebenarnya saya ingin menyapa terlebih dahulu.. kasih senyum, tanya basa-basi. Tapi entah mengapa.. beliaunya juga dingin2 aja. Ya sudah..! entah mengapa egoku muncul.. kebetulan lagi buru2 juga mau menghadiri meeting. Akhirnya gw juga dingin2 aja. SEBODO!!

 

Didalam lift..kebetulan hanya berdua. Ya, jadi salah tingkah dech.. tetap dingin, SEBODO lagi!! Gue gituloh!! Who are you.. I dont care. Because you dont care me!

—–

HAhaha…. dasar ego.

Tapi setelah dipikir2… kejadian tsb, saya mengaku salah. Harusnya saya menyapa terlebih dahulu.. basa-basi. Itu namanya proaktif membangun keakraban positif!!! Mengalah menyapa terlebih dulu lebih bagus!! Mungkin beliaunya juga sebenarnya ingin menyapa, tetapi nerveous melihat kharismaku hahah..bohong!

Oke, lain kali… InsyaAlloh, saya berjanji lebih proaktif menyapa.. bangun keakraban positif!! Hidupun akan menjadi lebih Ceriaaaa!

Berapa Waktu Kita Tidak Produktif – Gara2 WHATUPS

February 19, 2016

Ini pernah kualami… bentar2 nglihat wahtsup!…. bentar2 ngliahat wahtsup!!! Owww… tmen si anu lagi jalan2 sama pacarnya, oww..teman si anu lagi jln2 di singapore… owww tme si anu punya mobil baruu…

Oww temen si anu lagi ulang tahun… apakah harus wajib kasih selamat??? semetara secara real hubungaku dngn dia tidak begitu akrab??

 

Tuhan, mengapa aku harus seolah wajib tau dan mengamati gerak-gerak mereka??? BODOH!!

———————

NO.. NO.. NOOO!!! mentalku bisa kacau kalau salah mensikapi, mau tidak mau..grup whatsup bisa jadi ajang pamer (sadar atau tidak sadar), dan semua orang di grup tsb juga bermacam-macam. Jika salah posting.. bisa ada efek mudhorotnya.

———-

Oleh karena itu,

Melihat whatsup harus dibatasi waktu2 tertentu saja! di-manaje! perhatikan WA yang japri aja, karena biasanya itu penting!

Misal…khusus untuk grup yang tidak begitu urgent…melihat whatsupnya saat istirahat kantor saja. atau pas diprjlanan pulang kantor…

, atau jika memang sudah tidak nyaman di suatu grup.. keluar aja!!! Sebodo!

Jangan sampai waktu produktif kita habis..cuma nglihatin status dan postingan orang yang… sejujurnya tidak penting-penting banget untuk kita ketahui.

Jangan Tergantung Gadget – Hapalkan No.HP Penting!

February 19, 2016

Ya beginilah jaman sekarang… lihatlah orang-orang disekitar kita, di kantor, dirumah, dikendaraan, distasiun, di bandara… mereka asyik dengan Gadgetnya masing-masing. Entah apa yang mereka lihat dismartphone mereka itu, mungkin browsing.. mungkin chating, atau entah apa.

Mungkin suatu saat kita merasa kehilangan, gelisah, atau was-was ketika HP kita tertinggal??? yeah..!! itu pernah juga kualami.

Begitulah kita-kita ini, sekarang sudah sangat termata sangat tergantung kepada yang namanya HP/Gadget/Smatphone..atau entah pa itu namanya.

Tauhakah Anda, ini sebuah kondisi yang sangat berbahaya???!!! ya!! saya katakan ini kondisi berbahaya!!!. Mengapa???

Karena dengan dengan fasilitas gadget tsb yang sangat memudahkan itu, kita menjadi malas untuk menghafal no.telp/HP dari orang-orang terpenting yang kita butuhkan, atau kita sayangi. Cukup ngandelin gadjet..semua nomor kan ada disitu?? woow… jangan!!

Bagaimana jika gadget HP kita itu terjatuh, hilang, atau tertinggal dirumah?? sementara kita tidak menghafal nomor orang-orang tertentu yang dapat membantu kita??? ….kiamatt.

—-

Saya pernah mengalaminya, ketika itu lupa bawa kunci rumah. Dan pas pulang kerja, ternyata rumah terkunci, aduh… gmn ini, masa saya harus bengong di depan rumah?? dimana orang-orang rumah.. sementara HP tertinggal dikantor.

Akhirnya saya datangi rumah tetangga, adiknya pak RW. Kebetulan beliaunya ada dirumah. Mohon maaf mau pinjam HP!! untung saya hafal nomor ibuku, alhasil dari HP pinjaman tsb.. rasa khawatirku reda, ternyata ibu lagi di rumah saudara sepupu. Dan kunci rumah diletakan dibawah pot bunga taman dekat teras.

Untung!!!

——

Oke, memang gadget sudah tidak mungkin terbendung… tetapi ada hal yang seharusnya kita wajib ingat walau tanpa bantuan gadget:

  1. No telp dirisendiri (biasanya ini selalu ingat… karena manusia cenderung egois, yang diingat-ingat selalu terutama hal-hal yang berkaitan dengan dirinya).
  2. No HP Istri –Wajib
  3. No HP Anak –Wajib
  4. No HP Ortu –Wajib
  5. No.HP adik/kakak
  6. No.Telp Rumah –WAJIB
  7. No. HP atasan langsung (dikantor) — wajib
  8. No. Hp Bos —>wajib
  9. No. Hp staf/bawahan –>wajib
  10. No.Hp temen deket/sohib
  11. No.telp kantor –Wajib
  12. No. telp agen perjalanan/travel/kreta/pswt dll
  13. No.telp kantor polisi/sahabat polisi
  14. No hp client terpenting..
  15. No. Satpam kompleks
  16. … dsb (minimal 15 no hp yang mesti diingat!!!)

Buktikan saja, setelah Anda hafal nomor..nomor tersebut, Anda tidak akan merasa gugup atau cemas ketika HP tertinggal!!!

—-

Cara menghafalkan no.HP tulis berulang-ulang!!! satu hari..satu nomor… ulangi hari berikutnya!!

Setelah Anda cukup hafal, ketika menelpon nomor tujuan.. jangan langsung pencet Namanya, tapi ketik nomor yang telah kita hafal tsb ke HP..nanti otomatis muncul nama tujuannya!

Okey??!!!

Semoga kita semua tidak tergantung gadget!!! sukess!!!

Meningkatkan Kompetensi Diri dan Orang Lain

February 15, 2016

Berikut bahan presentasi berjudul meningkatkan kompetensi diri dan orang lain.

 

Sudah Berapa Lama Kita Belajar – meningkatkan kompetensi???

—Pend.Formal –TK 1 thn, SD6th, SMP3thn,SMA3thn, Kuliah S14thn =16thn + S2=18thn+S3=22thn.

—Pend lain = kursus-kursus, Training-training = Ribuan jam!!!

—

—LANTAS… SUDAHKAN ITU BERDAMPAK EFEKTIF?? OPTIMAL??

—

—TAPI MENGAPA KOK ILMUKU MASIH GINI-GINI AJA???? SUDAHKAH MENJADI SARANA PROBLEM SOLVER YANG EFEKTIF??

—

—Esensinyabukan gelar atau sertifikat yang berderet-deret, tetapi manfaat positif dari ilmu yang kita miliki

 

——

Lihatlah diri anda 5 THN YANG LALU – BANDINGKAN DENGAN KONDISI SEKARANG

5 TAHUN LALU KONDISI SEKARANG EVALUASI
Membuat Report dalam aplikasi Ms-Word input 1000kata perlu waktu 1 jam Masih 1 jam? Atau 30 menit, atau justru 1,5jam?? Kenapa?
Masih gagap presentasi di depan umum, kata-kata terbatas. Masih gagap? Sudah lancar dan pede, tambah gagap?? Kenapa?
Cara komunikasi masih lugu, apa adanya dan terlalu polos, dan kurang pede, belum terstruktur Masih lugu? Tambah lugu? Cara komunikasi sudah pede, pintar diplomasi? Pandai persuasi, dan mengarahkan, Kenapa?
Tingkat Pemahaman bisnis perusahaan proses masih rendah Sama saja? Segitu-gitu aja? Mampu mendevelop bisnis proses yang lebih simple dan efektif ???

 

 

Beli Mobil Jangan Ngutang

February 4, 2016

Menyimak pengajian fiqih muaamalah Ba’da shalat dzuhur oleh Ustadz M.Sofwan Jauhari Lc di Mesjid kantor, dan bedah buku miliarder spirit pada tgl 04 Feb 16.

1. Untuk menjadi kaya, salah satu syaratnya adalah banyak bergaul dan berteman orang-orang yang cocok, yaitu orang-orang yang kaya/pinter bisnis. ketika kita sering bergaul dengan mereka, diharapkan kita menjadi terpengaruh kebarhasilannya dalam bisnis. Dan kita dapat mengetahui seluk-beluk bisnis dengan baik.

Administrasikan contact person relasi kita di google drive sebagai backup, disamping di hp kita.

2. Membeli property rumah tinggal.
Salah satu syarat hidup bahagia adalah memiliki rumah sendiri. Dengan memiliki rumah sendiri diharapkan pikiran menjadi lebih tenang, lebih fokus.
Dianjuarkan bagi pasangan muda yang baru menikah, segeralah untuk membeli rumah sendiri. Rumah sendiri akan memberikan ketenangan dibanding masih menumpang dirumah orang tua atau mertua.
Membeli rumah usahakan membeli rumah via bank syariah dengan sistem murobahah (jual-beli) karena sistem tersebut menjadikan kita sebagai sipemilik rumah sehingga dan bank tidak bisa berbuat semena-mena walau misal cicilannya tersendat.

3. Membeli kendaraan
Kendaraan diperlukan untuk mendukung mobilitas untuk kepentingan kerja atau bisnis. Untuk kendaraaan sebaiknya membeli secara cash/tunai. Kalau kita membeli kendaraan misal mobil atau motor dengan sistem kredit.. maka kita hanya memberi keuntungan pihak leasing sementara harga jual motor/mobil akan anjlok setelah berjalannya tahun.

Belilah mobil second yang masih layak/bagus sesuai dengan kemampuan kita. Misal kita punya tabungan Rp70 juta. Belilah mobil second secara cash, daripada beli mobil baru secara kredit dengan DP uang 70 juta tsb. karena secara nilai uang kita sebenarnya rugi jika membeli mobil baru.

4. Berhajilah
Dengan berhaji maka kita menjadi lebih kaya, demikian ustadz menjelaskan. Memang beribadah haji itu paling afdhol semata-mata karena Allah SWT, akan tetapi ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa dengan berhaji dapat menjadi salah satu faktor untuk menghilangkan kemiskinan.

Jika kita memiliki uang, mendaftarlah haji sejak sekarang. Karena masa tunggu sudah lebih dari 10 tahun.

5. Bekarja giat.
Rata-rata kita bekerja hanya 8 jam. Namun untuk menjadi lebih kaya sebaiknya kita menambah jam kerja produktif lebih tinggi lagi misal menjadi 12 jam, demikian pak Ustadz mencontohkan dirinya sendiri.

Berusahalah agar usaha sampingan yang kita lakukan, memiliki pendapatan yang melebihi pendapatan utama (gaji thp dari kantor tempat kita bekerja). Misal gaji THP 10 jt.. berusahalah penghasilan sampingan per bulan mencapai 15 juta.

Namun, jangan sekali-kali kita berani resign dari kantor (pekerjaan pokok kita) sebelum bisnis kita betul-betul establish dan menjanjikan sampai hari tua.

Riyadhah – Membangun Habit Positif

February 2, 2016

Roda kehidupan terus berputar, siang berganti malam, malam berganti pagi, kemudian terus berganti siang..demikian akan terus berputar.. terlahir ke dunia.. melawati masa kanak-kanak, menjadi remaja, kemudian menginjak dewasa, dan terus kemudian menjadi menua.

Masa depan ditentukan oleh pijakan langkah hari ini demikian sering kita dengan dari perkataan orang bijak. Namun masing-masing manusia akan menemui masa depannya yang berbeda.. masa depan akan tergantung upaya dirinya menjalani rutinitas kehidupan.

Orang yang menginginkan masa depannya baik, maka tidak ada lain jalan kecuali dengan merubah masa depan tersebut dari hari ini. Ya.. hari ini!!

Lantas kalau tidak hari ini, lantas kapan? besok?? oke.. besok boleh lah, asal jangan terus ditunda-tunda.

Namun seringkali upaya merubah masa depan itu pada prosesnya ditengahjalan seringkali terbentur oleh ketidakkonsistenan sehingga menjadikan upaya tersebut terhanti atau terseok.

Lantas bagaimana upaya untuk menjadikan masa depan itu secerah seperti yang kita inginkan, bahkan lebih cerah dari apa yang kita pikirankan?

Jawabannya adalah pertama, adalah dengan menetapkan tujuan masa depan yang kita inginkan secara jelas dan setelah itu adalah melakukan upaya pencapaian dengan melakukan Riyadhah (latihan jiwa dan raga) secara terus-menerus dengan menerapkan habit positif di dalam hidup kita sehari-hari.

Demikian.. smoga berhasil.