Khutbah Jumat 30-10-15 Berkah AlQuran

Point-point khutbah Jumat tgl 30 Nov 15 di Masjid Ulil Albab sbb:

– Perlunya kita sebagai umat muslim di Indonesia untuk bersyukur kepada Allah SWT yang dengan karsa-Nya mengilhami para pendiri bangsa Indonesa (founding fathers) sehingga menyusun dasar negara, dan Undang-undang Dasar dengan menyertakan unsur tauhid secara intrinsik.

– Dicontohkan pada dasar Negara Pancasila, disebutkan bunyi sila pertama adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Esa artinya tunggal (The Only One). Para founding fahter Indonesia ternyata memandang mutlak bahwa unsur kehendak Tuhan sang Pencipta, yang menjadikan bangsa Indonesia merdeka dan diharapkan menjadi ajaran Tuhan yang Esa menjadi dasar bagi perikehidupan bangsa Indonesia. Pancasila merupakan saripati dan pengejawatahan budaya bangsa Indonesia yang religious sejak berabad-abad lalu, yang menempatkan Tuhan sebagai tempat bergantung dan berserah.

– Dalam pembukaan UUD 45 juga disebutkan kalimat “Atas berkat rahmat Allah, maka kemerdekaan Indonesia dapat diperoleh…” menunjukan suatu pengakuan bahwa kemerdekaan yang dicapai adalah anugerah kasih-sayang dari-NYa.

– Selanjutnya khotib mengajak kepada para hadirin untuk bersyukur, bahwa akhir-akhir ini telah muncul geliat masyarkat untuk menghafal Al Quran. Animo dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menghafal dan mempelajari ALquran meningkat.

Dari fonumena-fonumena tersebut, Hal ini patut disyukuri dan khotib menandai bahwa bangsa Indonesia semoga merupakan suatu bangsa yang diberkahi oleh Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: