Aktivitas-Aktivitas Berdampak Dasyat 10 Tahun Kedepan

Kemarin malam, saya dapat calling dari seorang sahabat lama, namanya pak Edison, ia bekerja di BULOG dan sedang bertugas di Bengkalis, pulau sumatera. Beliau itu teman sejak masih di bangku kuliah dulu, sejak masih hidup prihatin..sajak sama-sama manjadi instruktur di sebuah kursus pelatihan operator komputer.

Beliau banyak bercerita dan banyak memberi beberapa input positif dalam ngobrol-ngobrol via hp tersebut. Diantaranya adalah untuk membatasi keinginan-keinginan yang kita punyai, mengidentifikasinya, dan memfokuskan diri beberapa aktivitas yang berdampak besar pada 10 tahun ke depan.

Adalah keterbatasan manusia yang tidak mungkin akan sukses dalam segala bidang, karena itu adalah mustahil. Manusia harus memilih aktivitas mana yang paling ia minati, dan paling berdampak baik bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang.

Beliau mencontohkan yang dinukil dari nasehat Ayah Edi (seorang ahli pendidikan anak), apabila anak kita sangat minat/hoby di bidang sastra/bahasa dan dapat nilai 9, dan dapat nilai 5 untuk matematika, janganlah kita paksa anak untuk fokus ambil tambahan kursus/les matematika karena hal itu bertentangan dengan minat/bakat anak tersebut. Dan nanti hasilnya tidak akan berdampak maksimal. Mungkin si anak, nilainya akan naik menjadi 7, tetapi dalam jangka panjang… apa ada manfaat buat kehidupan anak tersebut?

Tetapi sebaliknya, karena nilai 9 di bidang sastra bahasa maka sebagai orang tua justru harus terus mendorong dan memotivasi bakat tersebut, dan suruhlah si anak ikut les tambahan tentang tulis menulis, cara mengarang, les bahasa dsb. Dengan bakat yang dimilikinya dan ditambah dengan pelajaran ekstra tentang apa yang diminatinya… kemungkinan besar hal tersebut akan berbuah prestasi optimal dan kelak dapat bermanfaat bagi masa depan si anak. Bisa saja si anak kelak menjadi seorang penulis terkenal, ahli bahasa, atau seorang diplomat ulung.

Demikian pula dengan kehidupan manusia dewasa. Seyognyanya ia sudah dapat memilih aktivitas-aktivitas apa yang berdampak positif kedepannya, berdampak positif bagi 5 atau 10 tahun kedepan dan seterusnya.

Contoh aktivitas yang berdampak dasyat:
– Mulai hari ini membiasakan rajin oleh raga secara teratur..misal taichi, jalan kaki dll, mengurangi makanan berminyak, santan dan jeroan, banyak makan sayur dan buah, kemudian membiasakan minum susu kambing (rendah kolesterol), rajin silaturahmi, rajin berbagi (sedekah) dll. 10 tahun kedepan…insyaAlloh badan masih sehat wal afiat, produktifitas terjaga dan semakin bermanfaat untuk sesama.

– Mulai hari ini rajin mengaji dan belajar kepada Ahli Quran, kemudian menghafal dan memahami ayat-ayat AlQuran (one day one ayat..demikian yang ustadz Yusuf Mansyur populerkan), mengamalkannya… jika konsisten, insyaAlloh 10 tahun kedepan sudah menjadi salah satu ustadz yang bermanfaat 🙂

– Mulai hari ini setiap hari rajin membiasakan membaca, dan menulis Bahasa Inggris walau hanya satu lembar halaman, rajin ndengerin english news dsb,kemudian ia ucapkan kembali (seolah-olah sedang berpidato/berdisuksi menganalisa), mulai berelasi dengan foreigner,maka 10 tahun kedepan… kalau konsiten, maka InsyaAlloh sudah dapat beasiswa kuliah di luar negeri, atau menjadi pembicara, ahli, penulis, eksekutif level nasional..mungkin juga sudah go internasional.

– Mulai hari ini mulai rajin ke pasar, mini market.. mengamati transaksi bisnis, mengamati kebutuhan masyarakat, mengamati dan mempelajari jaringan bisnis,dan mulai ikut berbisnis, membangun networking.. maka 10 tahun ke depan… insyaAlloh ia sudah menjadi pebisnis/pengusaha yang sukses.

dsb..dsb, pokoknya apapun bakatmu, apapun minatmu asal positif… tekuni terus, latih tiap hari secara konsisten, belajar terus kepada ahlinya. InsyaAlloh… 10 tahun kedepan? you will know… the miracle.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: