Khutbah Jumat – Bahaya Perceraian

Point-point khutbah jumat tgl 23-10-15, masjid Ulil Albab Kalibata

– Diceritakan oleh Khotib, berdasarkan keterangan dari Hadits Nabi SAW disebutkan bahwa Iblis memiliki pusat kerajaan sebuah singgasana diatas air, di alamnya (alam Ghoib). Kemudian setiap harinya Iblis memerintahkan bala tentaranya untuk menyebar ke seluruh penjuru bumi untuk menggoda anak keturunan nabi Adam As yaitu para manusia. Hal tersebut dilakukan oleh Iblis karena mendendam kepada Adam, yang menyebabkan ia dikeluarkan dari Surga, kemudian ia berjanji untuk menggoda anak keturunan Adam agar berbuat dosa dan kelak masuk ke neraka.

– Diceritakan, bahwa bala tentara iblis yaitu para setan melaporkan hasil kerjanya kepada iblis, ketika meraka berhasil menggoda manusia. Ada yang melapor berhasil menggoda sehingga para manusia menjadi mabuk-mabukan, ada yang melapor berhasil menggoda manusia sehingga terlibat berbuat zina dll semua kejahatan.

– Diceritakan, bahwa diantara semua laporan anak buahnya.. iblis akan sangat bergembira dan mengapresiasi kerja anak buahnya apabila berhasil menggoda manusia sehingga terjadi percekcokan rumah tangga dan terjadi perceraian di keluarga tersebut.

———
Khotib mencoba menguraikan, mengapa perceraian menjadi tujuan utama godaan bala tentara iblis. Disebutkan dengan terjadinya perceraian maka berpotensi dapat menimbulkan rusaknya generasi keturunan manusia. Banyak kasus kejahatan terjadi disebabkan latar belakang penjahat yang broken home, bapak-ibunya bercerai, masa kecil kurang bahagia,masa kecil kurang perhatian dan kasih sayang orang tua, bahkan ada yang mengalami trauma kekerasan di masa kecil/remaja. Dari hal tersebut menjadikan psikis si anak menjadi labil, dan melampiaskannya dengan berbuat kekerasan ketika ia tumbuh remaja menuju dewasa.

———
Berangkat dari kasus tersebut, khotib berpesan untuk membina rumah tangga dengan baik dan menjaga keutuhannya agar dapat menumbuhkan anak-anak generasi penerus yang berkualitas. Membina dan menjaga keutuhan rumah tangga dengan perhatian dan kasih sayang, perhatian akan pendidikan keluarga..anak,istri, kecukupan ekonomi serta membentengi serta mengarahkan keluarga agar terhindar dari hal-hal yang dapat merusak ahlak moral.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: