Sahabat Usman Bin Affan RA

Kajian siroh khulafaur Rashidin tgl 22-10-2015 Ba’da shalat dhuhur, Masjid Ulil Albab, oleh ustadz Herfi Ghulam Faizi Lc:
Menceritakan tentang sirah kholifah ke-4 Usman Bin Affan Ra. Poin-point ceramah sbb:

– Usman bin Affan adalah salah satu sahabat Nabi yang paling dicintai, paling dipercaya dan mendapat perhatian lebih dari Rosullulloh SAW. Perhatian tersebut diwujudkan oleh Rosululloh dengan mengizinkannya untuk menikah dengan puteri beliau yang bernama Ruqoyah ra. Dari pernikahan dengan ruqoyah, usman bin Affan dikaruniai seorang putera, namun sang putera tsb meninggal sewaktu umur 6 tahun. Kemudian Ruqoyahpun meninggal kerena sakit setelah perang uhud, dimana Usman tidak turut serta dalam perang tsb karena sedang menunggui dan merawat istrinya tersebut.

– Setelah Ruqoyah wafat, kembali Rosullulloh memberikan perhatian kepada Usman bin Affan dengan menawarkan putrinya kembali (adiknya Ruqoyah) yang bernama Ummu Kultsum untuk dinikahinya. Kemudian Usman menikah dengan ummu kultsum. Namun lagi-lagi, setelah berjalan beberapa tahun Ummu Kultsum meninggal dunia. Wafatnya ummu kultsum sangat memukul hati Usman bin Affan, yang tercermin dari kesedihan yang mendalam pada raut wajahnya pada saat itu, sampai-sampai dilihat oleh Rosululloh SAW dan beliau bersabda “Andaikan aku masih memiliki puteri yang masih lajang pasti akan ku nikahkan lagi dengan Utsman”.

– Ustman bin Affan juga merupakan salah satu sahabat yang memiliki kelebihan ilmu sebagai Ahli bacaan Quran (qori). Beliau selalu mewiridkan bacaan Quran setiap harinya, bahkan diceritakan saat beliau wafat terbunuh pada usia 82 tahun..beliau baru saja menamatkan bacaan AlQuran.

– Ustman bin Affan juga merupakan seorang yang berjasa melakukan pengumpulan mushaf AlQuran. Pada masa pemerintahannya, Ia berinisiatif mengumpulan seluruh sahabat-sahabat Nabi yang hafal/ahli Quran dan seluruh mushaf-mushaf potongan ayat/surat Alquran yang dimiliki para sahabat untuk kemudian disatukan dalam satu mushaf resmi, yang kemudian dikenal sebagai mushaf Ustmani.

– Keutamaan selanjutnya yang dimiliki oleh sahabat Ustman adalah orang yang memiliki ahlak pemalu, dan sangat menjunjung tinggi kesopanan. Disebutkan ahlaq beliau mirip mendekati akhlaq Rosulullah SAW.

– Sahabat Ustman juga merupakan seorang yang sangat dermawan. Ia menyumbangkan dan mewakafkan harta benda, ternak unta, sumur, dan kebun miliknya untuk kepentingan umat Islam. Bahkan sampai sekarang, sumur milik Ustman bin Affan masih berfungsi..dan digunakan untuk keperluan penduduk kota madinah.

– Usman bin Affan menjadi kholifah ke 3 setalah sahabat Umar bin Khottob Ra. Ia menjalankan pemerintahan selam 10 tahun. Pada saat pemerintahannya, Islam tersebar meluas ke Seluruh Jazirah Arab dan Afrika Utara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: