Belajar Tahsin Al Quran

Tahsin.. berasal dari kata hasan – ahsan, artinya memperbagus. Belajar tahsin quran adalah belajar bagaimana memperbagus cara membaca AlQuran sesuai dengan mahrojul huruf dan kaidah ilmu tajwid.

Tujuan belajar tahsin quran adalah agar kita terhidar dari kesalahan membaca AlQuran yang dapat merubah makna bacaan itu sendiri.

Sudahkah Anda membaca AlQuran dengan baik dan benar? jika belum, maka sebaiknya carilah guru Tahsin Quran, karana berlajar membaca ALquran memiliki syarat wajib yang tidak bisa abaikan yaitu sistim Talaqi, yaitu belajar langsung dengan guru, melihat cara mereka melafalkan huruf demi huruf, dan kemudian kita menirukan.

Adapun belajar AlQuran tanpa guru, sangat berbahaya.. karana bisa berakibat salah dan menyimpang, yang dapat berujung kepada kesesatan.

Yang biasanya terjadi bagi kebanyakan muslim adalah mereka-meraka yang sudah merasa bisa membaca AlQuran, mereka pernah mempelajari sewaktu di masa kecil atau remaja, masa-masa SD, SMP atau mungkin di Madrasah atau pesantren. Setelah merasa bisa, ya cukup. Kemudian tidak pernah belajar lagi karena banyak kesibukan.

Dan ternyata, ketika dites oleh seorang ustadz Ahli Qori Quran, ternyata bacaan mereka dinyatakan masih belum sesuai standar, yaitu makrojul huruf yang masih belum benar, serta beberapa kaidah tajwid terlupa dan salah.

Jangan-jangan kita termasuk? introspeksi, btw jangan pernah merasa terlambat untuk belajar..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: