Manfaat Jalan Telanjang Kaki – Earthing

Kehidupan modern,dan kehidupan kota, serta adat modern mewajibkan kita selalu memakai alas kaki (sepatu) di sekolah, di kantor, dan di acara-acara resmi. Di acara-acara tidak resmipun kita selalu memakai alas kaki lainnya yang lebih nyaman seperti sepatu casual, sandal, bahkan sandal jepit sekalipun. Dari adat kebiasaan yang terbentuk tersebut.. seolah ketika hampir tidak ada kesempatan kita berjalan sambil menelanjangkan kaki. Ya!! paling bisanya hanya di rumah. Namun, bahkan banyak orangpun di rumah memakai sandal dengan berbagai alasan tertentu.

Kapankan Anda berjalan telanjang kaki di luar rumah terakhir kali? bagaimana sensasinya? Mungkin bagi sebagian orang yang tumbuh besar di kampung, di masa kecil ia sempat merasakan rasanya “Nyeker” ketika bermain atau bahkan berangkat ke bersekolah. Namun sekarang, saat-saat menyenangkan itu tinggalah kenangan.

Namun sobat, tahukah engkau? sesungguhnya berjalan telanjang kaki adalah kebiasaan manusia sejak berjuta tahun yang lalu, sejak manusia pertama diciptakan. Namun pengaruh moderenisasi, mulai awal abad 19 budaya tersebut terikis hampir habis. Mungkin hanya suku-suku pedalaman yang masih berjalan bertelanjang kaki sampai saat ini.

Ternyata, berdasarkan beberapa literatur yang pernah saya baca, berjalan telanjang kaki itu sangat bagus untuk kesehatan jasmani, dan mungkin juga kesehatan rohani.

Dalam buku EARTHING, The most important health discovery, karya Clinton Ober terbitan tahun 2010 disebutkan beberapa manfaat jalan telanjang kaki bagi orang yang secara teratur menjalankannya sebagai berikut:
– 78% merasa kesehatannya lebih baik.
– 85% merasa mudah/lekas tertidur di malam hari.’
– 93% merasa kualitas tidurnya lebih baik sepanjang malam.
– 82% merasa berkurangnya ketegangan/pegal otot.
– 100% merasa betul-betul telah beristirahat setelah bangun dari tidur.

Berdasarkan riset, manfaat-manfaat jalan kaki tesebut diperoleh dikarenakan pada saat berjalan..gelombang-gelombang energi listrik bumi dengan mudah dapat ditangkap tubuh melalui telapak kaki, gelombang elektrik tersebut akan mempengaruhi elekron/energi listrik pada tubuh kita. Gelobang elektrik pada tubuh kita menjadi lebih stabil dan bersinkronisasi/berharmoni dengan gelombang elektron energi yang alam (bumi). Disamping itu secara langsung telah terjadi pemijitan alami pada anatomi permukaan syaraft telapak kaki yang berpengaruh ke seluruh organ tubuh.

Dalam buku yang lain, yaitu CHIGUNG, Chinese Healing, Energy & natural Magic, karya LV.Carnie tahun 2004 disebutkan bahwa salah satu latihan untuk memperkuat energi “chi” tubuh adalah dengan latihan berjalan telanjang kaki (barefoot).

Dari hal-hal tesebut diatas, dapat disimpulkan bahwa secara umum latihan/kebiasaan berjalan telanjang kaki tersebut sangat baik untuk kesehatan jasmani dan psikis.

Nah.. terinspirasi oleh kedua buku tersebut, saya sendiri sedang berusaha membiasakan/meluangkan waktu untuk berjalan telanjang kaki setiap pagi hari selama 30 menit khususnya pada hari sabtu, minggu. dan kadang-kadang di hari kerja, sebelum berangkat ke kantor. Asyik juga berjalan telanjang kaki menyusuri jalanan komplek sambil menghirup segarnya udara pagi.. bahkan kadang masuk ke jalanan kampung, ada rasa sesekali kaki terasa sedikit linu beradu dengan kerikil kerikil kecil, atau ujung batu yang tak rata, tapi kaki dan badan menjadi terasa hangat dan keringat sehat menetes…

Ternyata Investasi kesehatan itu lebih murah, lebih segar dan lebih menyenangkan, dibanding membayar obat di rumah sakit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: