Tai Chi – Pertemuan 1

Berawal dari badan yang melemah akibat kena sakit bronkitis, saya mencoba mencari tau bagaimana imunitas tubuh meningkat sehingga tubuhku cepat pulih dari sisa-sia sakit tersebut.

Berbagai cara sudah coba kulakukan, mulai dari merutinkan gerak senam aerobik, sampai dengan Skipping/lompat tali. Kata mbah google kedua gerak tubuh tersebut bagus buat kesehatan. Memang ku akui, setelah mencoba gerak ini.. tubuh cepat panas, cepat nafas memburu dan keringat keluar dengan deras. Namun setelah dua minggu mencoba rutin, mungkin karena badanku belum pulih benar..malah batuk-batuk saya timbul lagi. Akhirnya olahraga ini kuhentikan, dan konsul ke dokter lagi.

Berangkat dari situ, aku mencoba mencari alternatif untuk mencari bentuk olahraga yang pas untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dari browsing.. munculah nama ” Tai Chi” sebagai olahraga alternatif tersebut.

Rasa ingin tahuku terhadap taichi semakin menjadi, terus ku browsing.. cari tahu manfaat tai chi tersebut. Ternyata.., ulasan tentang taichi sangat banyak. Di ulas dari berbagai website, termasuk dari jurnal resmi kesehatan. Yang menarik adalah, saya menemukan website Harvard Medical School, sebuah sekolah kedokteran paling elite di Amerika, yang menyatakan bahwa Taichi memiliki banyak manfaat dalam kesehatan apabila secara reguler dipraktekan. Hasil riset manfaat taichi tersebut, dirangkum dan diulas dalam buku Harvard Medical School guide to Tai Chi, author Dr. Peter M. Wayne, seorang peneliti pada sekolah elit tersebut.

Akhirnya ku coba mencari, adalah suhu taichi di Indonesia yang deket dengan lokasi rumahku. Akhirnya ketemu, kebetulan beliau memiliki website dan kontak email. Langsung saya hubungi.. ingin bertemu dan belajar. Beliau bersedia bertemu pada hari minggu jam 7 pagi di rumahnya.

Akhirnya kami bertemu, beliau seorang chinese, usia sudah lumayan sepuh, 70 tahun. Namun dari performa fisik masih gagah, bicara lugas, tubuh tegap. Saat pertemuan itu, kenalan.. kemudian langsung saya minta diajarin taichi.

Untuk sehat, sebenarnya hanya butuh 3 langkah.. langka ke depan, ke samping kanan dan kiri. Kalau gerak itu ditekuni saja.. dijamin hasilnya sehat” kata beliau.

Taichi itu kuncinya harus dilatih teratur..konsisten, cukup 30 menit saja setiap pagi. Kalau cuma dilatih seminggu sekali, atau 2 kali seminggu ya ga bakalan ngefek hasilnya” percuma saya latih kamu, kalau you tidak praktekan itu” kata beliau lagi. Beliau menambahkan, bahwa dirinya sudah konsisten melakukan gerak taichi sudah hampir dari 40 tahun yang lalu.

Kemudian saya disuruh berdiri samping dibelakang beliau menirukan gerak dasar. Ternyata memang gerak tersebut sederhana, hanya gerak ayunan tangan ke atas samping, ke depan, samping kanan dan kiri. gerak harus dilakukan dengan slow..dan rileks.

——–
Sekarang sudah hampir 30 hari ku melatih gerak tai chi tersebut. Manfaat yang saya rasakan sementara ini adalah.. tidur lebih nyenyak, sirkulasi keringat lancar, badan terasa lebih hangat sehingga lebih tahan terhadap udara dingin AC.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: