Pentingnya Mencari Penghasilan Tambahan

Ini ilmu yang saya peroleh dari mengikuti kajian Fiqih Muamalah, bpk. Ustadz M.Sofwan Jauhari Lc di Masjid kantor kemarin (kamis 01-10-15).

Pada Kajian kemarin, mengulas salah satu bab dari buku beliau yang berjudul menjadi Miliarder Spirit. pokok-pokok yang dibahas adalah sebagai berikut:

Pentingnya seorang karyawan tidak melulu menggantungkan penghasilan dari Gaji/THP dari kantornya, tetapi perlu juga mencari penghasilan/rizki tambahan secara halal. Hikmah dari hal tersebut adalah sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dari kantornya berkerja seperti PHK dsb, sehingga orang tersebut sudah siap mental dan tidak stress karena sudah memiliki cadangan penghasilan dari lain pekerjaan/usaha.

Hikmah yang kedua adalah, dengan mencari/mengerjakan pekerjaan atau bisnis diluar pekerjaan utama maka akan menambah jaringan pertemanan..jaringan usaha, bertambahnya ilmu dan pengalaman sehingga mendatangkan unsur positif bagi perkembangan jiwanya.

Pak Ustadz yang ahli fiqih muamalah tsb menyarankan agar karyawan (muslim) mencari/menjalankan bisnis sampingan walaupun penghasilan yang didapat bernilai nominal kecil.. misal cuma dapat tambahan pendapatan ratusan ribu.., tidaklah mengapa untuk dikerjakan.

Salah satu bentuk usaha sampingan antara lain: 1). Ikut usaha Multi level Marketing (tentu saja MLM yang benar, bukan money game), 2). Menjadi agen asuransi 3). Menjadi broker/agen properti 4). Mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk usaha konsultan kecil-kecilan, 5). Memiliki warung/toko di rumah dsb.

Demikian apa-apa yang didengar penulis, sembari mengantuk…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: