Khutbah Jumat 25-09-15

Inti Khotbah:
– Nabi Ibrahim sebagai figur yang perlu dicontoh dalam membangun Rumah Tangga.

– Nabi Ibrahim memiliki keyakinan yang luar biasa terhadap pertolongan Tuhan, sehingga ia meninggalkan anak istrinya di tengah lembah tepi padang pasir (kemudian menjadi lokasi ka’bah berada).

– Nabi Ibrahim adalah orang yang gemar berkurban, pernah bernadzar (yang diucap sebelum punya anak)..bahwa anakpun siap dikurbankan jika Tuhan menghendaki. Saat anaknya (Ismail) tumbuh remaja, Tuhan mengingatkan nadzar tersebut melalui mimpi beberapa kali. Ibrahim dengan tauhid yang kuat.. ia berencana dan bersiap kurbankan Ismail.. Namun sifat dengan Rahman-Rahim-Nya, Tuhan mengutus malaikat untuk menggantikan Ismail dengan Seekor kambing gibas. Ismail tidak jadi dikurbankan (disembelih untuk kurban). Ternyata itu hanyalah ujian untuk nabi Ibrahim semata.

– Nabi Ibrahim seorang futurolog, ia berdoa..agar padang gersang lembah mekah itu menjadi negeri yang aman, dan penuh dengan rizki dan buah-buahan. Kenyataan sekarang: kota mekah tidak kekurangan makanan dan buah-buahan, walaupun jutaan orang berada berziarah disana setiap saat apalagi pada saat musim haji.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: