You Are a Leader

Kemarin tgl 22 Sept, dari jam 13.30 s/d 16.00, sebuah seminar tentang pemberdayaan manusia di selenggarkan di perusahaan tempatku bekerja. Judulnya You are a Leader… langsung dibawakan oleh Ivan Pradiansyah, seorang praktisi motivator sekaligus pengarang buku You are a leader tersebut. Saya buru-buru ndaftar seminar tsb dari minggu lalu sebab seat ruangan terbatas.

Pada awal-awal seminar, ketika saya melihat sosok bapak Ivan pradiansyah… dalam hati saya terucap “ah kelihatan biasa-biasa aja”. Pria umur 45 an keatas, dengan kacamata, postur sedang. Namun saat beliau mulai berbicara… wow!! keren!! cara penyampaian, dan komunikasi dengan audien sangat bagus! Suasana jadi hidup dan banyak tertawa dengan keterlibatan positif audien.

Seminar tersebut, membahas apa itu arti Pemimpin, dan Ciri Pemimpin, dan bagaimana kita menjadi pemimpin. Pada awal seminar peserta disuruh menunjuk dengan jari.. orang terdekat yang dianggap pemimpin di ruangan seminar tersebut, atau menunjuk ke pintu.. jika orang yang dianggap pemimpin ada diluar ruangan sana. wah.. suasana jadi rame, ada yang nunjuk pintu, nunjuk temannya, namun terlihat sedikit yang menunjuk diri sendiri, kalau ga salah hanya 1, 2 orang.

Dan pak Ivan mengatakan ” bagaimana mungkin mau menjadi pemimpin, sedangkan diri sendiri menunjuk orang lain? tidak percaya pada diri sendiri?? wah.. ternyata kebanyakan cara pandang kita yang salah!!! beliau mengatakan ” pemimpin terdekat dari diri Anda, ya Anda sendiri, bukan orang lain”. Sungguh suatu kalimat yang menyadarkan… mengapa kita selama ini gagal memimpin, ya karena kita sendiri tidak menganggap diri kita itu pemimpin.

Kemudian Pak Ivan menyebutkan 8 ciri- ciri/perilaku pemimpin sebegai berikut:
1. Be Responsible
Seorang leader harus 100% responsible terhadap apapun yang terjadi dalam hidup dan pekerjaannya. Menganalogikan dengan jari telunjuk yang menunjuk diri sendiri, dimana jari telunjuk yang mengarah ke dalam bukan ke luar. Ciri-ciri yang selalu menunjuk jari ke luar biasanya dilakukan oleh anak-anak kecil yang belum dewasa, karena kebelumdewasaanya tersebut ia selalu menyalahkan orang lain. Seorang pemimpin, tidak boleh menyalahkan orang diluar dirinya (walaupun kenyataan orang tsb berbuat salah) tetapi ia mengambil alih tanggungjawab, introspeksi untuk dilakukan tindakan perbaikan. Ia akan menggunakan sering menggunakan pola pikir WHAT dan HOW, apa yang terjadi dan bagaimana mencari solusinya?

2. Be Oriented
Seorang pemimpin harus memiliki oreientasi/tujuan/target yang jelas. Ia memiliki tujuan yang jelas, memiliki terget- target yang jelas, baik untuk diri sendiri maupun untuk korporasi/institusi yang dipimpinnya.

3. Immediate Action
Seorang pemimpin harus bergerak/bertindak cepat. Ia akan memperpendek waktu kapan tahu dan kapan mensikapi hal tersebut. Misal Anda merasa kurang enak badan/sakit, actionnya pergi ke dokter. Jarak antara mengetahui rasa sakit dan aksi ke dokter disebut waktu aksi. Semakin cepat waktu aksi, semakin cepat kita menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

4. Do Only Important Thing
Pemimpin adalah orang yang mengerjakan hal-hal penting. Ia menghindari bergosip, marah-marah, atau sering mengeluh. Apa yang dilakukannya adalah hal penting, bercandapun tentang hal penting.. misal penting untuk mencairkan suasana. Segala sesuatu yang tidak penting bagi tujuan/target dirinya, ia singkirkan.

5. Has “Can Do” Mentality
Seorang pemimpin, selalu mengatakan BISA dalam segala hal yang menjadi tugasnya. Ia pantang berkata TIDAK BISA. Karena menurut penelitian, kata-kata yang terucap itu sangat berpengaruh terhadap action yang dilakukannya. kalau kita berkata BISA, hasilnyapun BISA.

6. Using Influence Not Power
Pemimpin yang berhasil, dalam mengendalikan anak buahnya biasanya menggunakan pengaruh bukan power/kekuatan wewenang.

7. Care
Pemimpin adalah orang yang perduli terhadap anak buah.

8. Be A Role Model
Seorang Pemimpin akan selalu berusaha membuat contoh baik bagi anak buahnya. Contoh kecil: Ia terlebih dahulu datang tepat waktu secara konsisten sebelum mengajak anak buahnya berdisiplin datang tepat waktu.

Demikian, sementara dicatat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: