Mochtar Riady – Oto Biografi

Minggu lalu, tgl 20 Sept berkunjung dan membeli buku di Gramedia. Buku yang saya beli adalah Oto Biografi Mochtar Riady, berwarna merah. Satu paket, ada 2 buku… 1 oto biografi dan 1 biografi dari pandangan kolega dan kerabat.

Bapak Mochtar Riady adalah pendiri dan pemilik Grup Lippo. Tau grup Lippo kan? pemilik Lippo karawaci dan Lippo Cikarang.. wuih tanahnya ratusan hektar bro!! mungkin udah ribuan hektar. Pemilik Bank Panin, pemilik bank Lippo dsb, universitas Pelita Harapan dsb.. wah pokoknya salah satu konglomerat di Indonesia.

Buku otobiografi itu saya baca sekaligus dalam satu malam. Isinya sangat bagus.. mulai dari masa kecil yang penuh kesengsaraan, masa muda penuh perjuangan, dan masa tua yang tetap berupaya berkontribusi bagi sesama dan negara.

Dari buku tersebut, saya simpulkan penyebab mengapa beliau sukses dan menjadi salah satu konglomerat yang awet di Indonesia sbb:
1. Bersungguh-sungguh dalam berbisnis, dan mengawali dari bisnis kecil, dari Nol.
Ia mengawali bisnis toko penjualan, aksesoris dan reparasi sepeda. Saat mulai merintis bisnisnya ia melakukan riset.. berkeliling pulau jawa selama 6 bulan, dari toko ke toko, dari kota ke kota hanya ingin mengetahui tentang bisnis tersebut dan dari mana barang-barang itu diperoleh.

2. Memiliki banyak relasi.
Kunci suksesnya adalah menjalin banyak relasi. Berawal menemui dan menjalin relasi dengan orang-orang/tokoh berpengaruh tiong hoa di Jakarta, sampai menjalin relasi dengan para pejabat di Amerika Srikat sejak tahun 80’an, termasuk Bill Clinton yang kemudian di tahun 90an menjadi Presiden AS.

3. Memegang teguh Trust
Dalam bisnis, modal utamanya adalah kepercayaan. Maka beliau berusaha terus untuk menjadi orang yang dipercaya mitra bisnisnya.

4. Berani Melangkah/mengembangkan dari satu bisnis ke bisnis yang berbeda
Dari merintis bisnis penjualan sepeda, ke bisnis kapal angkut barang, berkembang merintis bisnis perbankan. dan terus berkembang.. menjadi developer sampai sekarang.


5. Berkontribusi positif dalam bidang sosial, pendidikan dan kemasyarakatan

Tak hanya bidang bisnis, namun beliau juga berkontribusi dalam bidang pendidikan. Pendidikan adalah salah satu concern beliau. Mulai dari menjadi Ketua Majelis Wali AManat Universitas Indonesia, Mendirikan Universitas Pelita Harapan, Menyumbang dana pendidikan ke Universitas Singapore dan mendirikan rumah sakit Siloam dsb.


6. Pantang menyerah dan memiliki mental kuat

Dalam merintis dan menjalankan bisnisnya ternyata tidak semulus dan segebyar apa yang terlihat kini. Bisnis yang beliau rintis awal mulanya ternyata banyak yang gagal dan bangkrut gulung tikar. Namun, mentalnya tetap kuat terjaga, dengan keyakinan untuk terus untuk berhasil berbisnis.

Adalah kisah dimasa mudanya, ketika beliau sejak kecil bermimpi menjadi pegawai bank.. dimana kantor bank saat itu dijaman hindia belanda adalah bangunan yang megah, dan orang-orang yang berpakaian rapi bekerja didalamnya. Ternyata, ketertarikan masa kecil itu terus tumbuh saat menjadi dewasa dan sudah menjadi pengusaha. Ketika ada suatu bank yang dalam kondisi keuangan yang hampir bangkrut dan pemilik bank tsb menawarkan kepada orang-orang untuk membeli bank tsb, maka ia tangkap peluang itu dengan membeli sebagaian besar saham bank tersebut. Dikarenakan beliau tidak memiliki pengalaman diperbankan, walaupun ia pemegang saham, namun berinisiatif dengan tujuan untuk memahami bisnis perbankan dengan mengajukan diri untuk turut bekerja dibank tsb dari level bawah. Dari orang yang sama-sekali ga mengerti akunting.. tidak tau jurnal, debit kredit.. namun dengan kegigihannya terus belajar sambil bekerja, ia akhirnya menjadi piawai menganalisa laporan keuangan.

Demikian semetara yang saya catat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: