Ilmu Kaji Diri

Mengkaji diri atau mengevaluasi (mengintrospeksi) terhadap diri kita atas apa yang kita lakukan selama perjalanan hidup, adalah sesuatu hal yang sangat penting dilakukan seseorang untuk memperbaiki dirinya untuk bertindak lebih baik kedepannya.

Ilmu Kaji Diri Pertama
Hal tersebut menarik, dimana saya kira-kira 4 tahun silam sedang makan di warung makan depan kost. datanglah seorang bapak2 ikut makan diwarung tersebut. Ngobrol-ngobrol singkat.. dari penampilannya bapak itu umur 40-an, masih muda dan kelihatan terpelajar.

Ada suatu kalimat yang meluncur dari bapak tersebut yang masih saya ingat sampai sekarang yaitu : Sebenarnya yang paling susah dalam hidup adalah bisa mengamalkan ilmu kaji diri.. sementara kebanyakan orang lebih sering mengkaji (ngomongin) orang lain dibanding diri sendiri. Kalau kita bisa mengkaji diri..pastinya hidup kita akan menjadi lebih baik” demikian si bapak bertutur.

Sungguh suatu kalimat yang mencerahkan dari bapak2 miterius itu, yang saat itu saya belum sempat mengetahui namanya,dan dari mana asalnya, namun sudah keburu pergi meninggalkan warung itu.

Ilmu kaji diri yang kedua, saya dapatkan saat mengikuti ceramah bedah buku 10 ways to be peak leader 2 tahun yang lalu..kira2 tahun 2013 awal, langsung oleh pengarangnya Pak Djoko Santoso Mulyono, mantan Dirut BRI tahun 90-an. orangnya masih gagah dan lantang berbicara..pada usia 73 tahun saat itu. Beliau bercerita bahwa Ayahnya memiliki kebiasaan sebelum tidur..komat-kamit, nguda rasa, mengingat apa yang telah dilakukannya selama sehari itu..kemudian mengintrospeksi hal-hal yang perlu diperbaiki. Ia kagum dengan kebiasaan ayahnya tersebut, yang ia sendiri sering melupakan hal tersebut. Itu namanya ilmu kaji diri. Mungkin hasil ilmu kaji diri itulah, Ayah Pak Djoko tersebut mampu mendidik anak-anaknya dengan baik sehingga ada yang jadi jenderal dan ada yang jadi CEO Bank BUMN.

Demikian pula bapak Mario Teguh, motivator yang kata-katanya sejuk..dalam ceramahnya di youtube, bahwa ia selalu mengkaji atas perbuatan yang dilakukannya seharian untuk dilakukan introspeksi dan perbaikan.

Motivator lain, Tung Desem dalam sebuah wawancara di majalah yang pernah saya baca juga memiliki kebiasaan sebelum tidur mengingat ulang apa yang ia lakukan sepanjang hari..dari mulai bangun tidur sampai saat mau tidur tersebut.

Demikianlah, beberapa orang terkenal mempraktekan ilmu kaji diri, mungkin telah ada banyak orang yang telah melakukannya.. namun jumlah tersebut masih sangat sedikit dibanding keselurahan populasi orang yang ada.

Sekali lagi..ilmu kaji diri… dimana dalam kitab sucipun banyak diulas tentang pentingnya kaji diri, atau istilah lainnya adalah Muhasabah.

Kalau diteliti lebih lanjut, Ilmu kaji diri adalah bagian dari ilmu mengenal diri dan lingkungan, suatu salah ilmu terpenting yang harus dikuasi dalam menjalani kehidupan ini.

Teringat kata-kata bijak “Siapa yang mengenal dirinya, ia akan mengenal Tuhannya
Mari menyediakan waktu barang beberapa saat sebelum tidur malam untuk kita belajar mengkaji diri…Saya sendiri sedang belajar untuk itu.

Semoga hari esok akan lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: