Sertifikasi CPMA – Indonesia Lead to CEO

Adalah suatu keunggulan apabila seorang akuntan benar-benar menguasai kelimuannya di bidang akuntansi manajemen apalagi jika ia berhasil menemukan inovasi-inovasi yang berkontribusi pada akurasi, efesiensi cost, dan efektivitas pencapaian target Perusahaan.

Untuk menjadi akuntan manajemen yang handal, tentunya diperlukan kesungguhan dalam belajar dan berlatih, logika yang terus diasah dan pengalaman yang cukup.

Salah satu media pembelajaran untuk mengasah kemampuan menjadi akuntan manajemen yang handal tersebut, salah satu syaratnya adalah dengan lulus sertifikasi akuntan manajemen (Certified Professional Management Accountant/CPMA) yang diselengarakan oleh organisasi IAMI. Dengan lolos ujian sertifikasi tersebut, menjadi dasar formal bagi terujinya kompetensi di bidang akuntansi manajemen.

Akuntan manajemen yang handal akan sangat dibutuhkan oleh Perusahaan, keahliannya dibidang Corporate Governance, analisa biaya dan perhitungan akunting dapat menjadikan ia sangat dibutuhkan perusahaan dan menjadi key Person. Ia memegang rahasia perusahaan dikarenakan ia yang mendesain budget, perhitungan-perhitungan cost benefit, and alur informasi manajemen. Dikarenakan keahlian tersebut, seorang akuntan menajemen memiliki nilai tambah dan memungkinkan dirinya menjadi orang nomer satu di bidang akunting atau keuangan (Akunting Manajer, Finance Manajer, Vice President Finance & Accounting, VP Corporate Planning, GM Corporate Finance dll). Bahkan seorang akuntan manajemen yang CPMA diantaranya mampu menjadi CEO yang mengendalikan seluruh jalannya perusahaan.

Berikut adalah contoh nama-nama lulusan CPMA yang berhasil menduduki posisi strategis di beberapa Perusahaan:
1. Tris Sudarto – CEO PT Kliring Berjangka Indonesia. Lulus periode Ujian Angkatan II, Juni 2007.

2. Suldja Hartono – Direktur Komersil PT Pupuk Kaltim. Lulus Angkatan III, Nov 2007.

3. Sahat Parlindungan Simarmata – VP Accounting PGN. Lulus angkatan IX, Nov 2010.

4. dan lain-lainnya.. masih banyak lagi.

Tentunya untuk menempati posisi strategis, disamping keahlian utama akuntan manajemen, kemampuan komunikasi, dan leadership yang baik perlu terus diasah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: