Mencoba Ramuan Sehat Jokowi

Jokowi… Joko Widodo, Sang Presiden yang suka “blusukan”. Blusukan adalah suatu istilah dari bahasa jawa artinya harfiahnya adalah “terperosok masuk ke dalam”, atau “terperosok masuk ke lumpur/tanah lembek”. Blusukan dalam hal ini adalah aktivitas kegiatan mengunjungi masyarakat sampai ke pelosok-pelosok, ke kampung-kampung bahkan sampai masuk ke gang-gang sempit. Karena aktivitasnya sampai masuk ke pelosok kampung itulah aktivitas tersebut dinamakan “blusukan“.

Aktivitas blusukan tentunya memerlukan stamina yang prima. kegiatan blusukan banyak diisi oleh jalan kaki dari satu gang ke gang, dari satu aktivitas kampung ke kampung lainnya. Suatu aktivitas yang menguras energi pastinya.. dan juga pikiran.

Yang mengherankan dari Jokowi adalah walaupun beliau sibuk dengan blusukannya namun tampak kondisi fisik beliau yang selalu prima. Sampai saat ini, belum pernah ada berita tentang kabar sakit Jokowi,.. belum pernah! apa sih rahasianya kok bisa selalu sehat?

Adalah suatu pengakuan Presiden Jokowi dibeberapa kesempatan bahwa beliau rutin minum ramuan warisan nenek moyangnya yaitu rebusan temulawak + Sedikit jahe+ Gula Merah setiap pagi sebelum sarapan (perut masih kosong). Demikian beliau berkata terus terang. Ramuan inilah yang menjadikan beliau selalu sehat dan kuat meski banyak beraktivitas yang menguras tenaga dan pikiran.

“Saya sudah minum air temulawak itu selama 14 tahun. Sejak saya bekerja di perusahaan ekspor-impor. Sewaktu bekerja di sana, saya sering pulang jam dua pagi, bahkan tak jarang sampai jam empat pagi. Stamina saya harus kuat,” tutur Jokowi.
.Dikutip dari berbagi media saat kampanye di tahun 2012 (Tempo, trubus, detik, okezone, CNN dill.

“Rahasianya, saya minum temulawak dan madu setiap pagi hari sebelum beraktivitas,” kata Jokowi kepada Tempo di sela-sela kampanye di daerah Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin 2 Juli 2012.

“Minum ini, temulawak diiris-iris, direbus, lalu diseduh,Tambah kacang ijo kalau ada pahit-pahit itu tambah jahe atau madu,”Saya jamin kalian akan kuat semua,” kata Jokowi kepada para wartawan yang menanya tentang rahasia ia kuat blusukan. Dikutip dari Tribun jakarta 21/1/2014.

Sungguh hal tersebut yang membuat penasaran, mengapa ramuan itu begitu manjur untuk vitalitas dan kesehatan? Ternyata oh.. ternyata? ramuan-ramuan tersebut mengadung zat-zat obat alami yang super ampuh!!!

Adalah temulawak (Curcuma Xanthorriza), merupakan tanaman asli Indonesia. Berdasarkan riset ilmiah tanaman ini mengadung zat-zat hapatotik (membantu kerja hati), zat antioksidan, dan bahkan zat penghambat sel kanker..!!! pantesan pak Jokowi sehat selalu ya?

Lebih rinci tentang kasiatnya adalah sebagai berikut:

– Temulawak mampu menurunkan kolesterol (hasil riset Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Zullies Ikawati, dikutip dari newokezone 12 Maret 2014.

– Temulawak mampu menghambat bakteri, anti ketombe (hasil riset Dr. Yaya Rukayadi, dosen & peneliti di Universitas Yonsei, pakar temulawak Korea asal Garut. Phytotherapy Research
Volume 21, Issue 5, pages 434–438, May 2007- first published online: 18 JAN 2007.

– Temulawak mampu menormalkan jaringan tubuh yang terganggu, mengobati penyakti liver (menurut Prof. Prof Sidik Apt, guru besar emeritus Farmasi Universitas Padjajaran yang mempelopori penelitian ilmiah temulawak di tanah air. Pemegang paten obat fitopharmaka Cursil (Curcuma Silymarin for liver) tahun 1996. Dikutip dari Trubus online July 31, 2011 dan Majalah Forum Keadilan No.21 tgl 2 Okt 2011.

– Menurut Guru besar Farmasi Universitas Indonesia, Prof Dr Sumali Wiryowidagdo, rimpang temulawak mengandung 5% minyak asiri dan 3-6% zat warna kuning kurkuminoid. Kedua komponen itu mengandung senyawa kimia seperti xantorizol (65%), zingiberena (25%), felandrena, kurkumin, dan monodesmetoksi kurkumin. ”Kurkumin mempunyai efek antiradang, termasuk menghilangkan radang tonsil,” kata Sumali. Trubus 1 Okt 2011.

Demikianlah pernyataan para ahli farmasi tentang Temulawak. Saya secara pribadi baru ngehh dengan ramuan temulawak itu, dimana dua minggu yang lalu harus berbaring di rumah sakit dan diagnosa dokter mengatakan radang hati. Dari situlah.. sy banyak berdiskusi dengan dokter (spesialis penyakit dalam) tentang radang hati, penyebabnya apa dan bagaimana cara pencegahan dan pengobatannya. Dari hasil diskusi didapat sbb: disamping minum obat dokter secara teratur, untuk lebih mempercepat penyembuhan dokter menyarankan banyak minum madu dan minum temulawak. Barawal dari situlah.. akhirnya akhirnya ku googling..googling tentang temulawak.. dan ketemu berita tentang kandungan temulawak dan berita ternyata temulawak adalah minuman ramuan sehat pak Jokowi.

Dan ku coba ramuan tersebut. setiap pagi, ku minum rebusan temulawak + madu murni. rasanya.. khas temulawak!! manis agak pedes rasa mint. Untuk khusus diriku ditambah kunyahan kunyit sedikit untuk lebih memperlancar pencernaan, membantu lambung. Minumlah selagi hangat rebusan tersebut.. sungguh seger diminum dipagi hari.

Khasiatnya bagaimana?? mostly 2 minggu ini.. badan sudah sehat, pencernaan lancar, nafsu makan meningkat, kulit menjadi lebih halus.

Mau Coba? Ga bakal nyesel!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: