Ilmu Terpenting dalam menjalani kehidupan

Sebenernya ilmu apa sih yang paling penting untuk dikuasai dalam menjalani kehidupan ini? pertanyaan ini yang kadang terlintas dibenakku. Apakah ilmu sekolahan yang kita dapatkan?? ataukah ada ilmu lain yang sebenarnya sangat berguna bagi orang tersebut??.

Alhasil, setelah mencari kesana-kemari… sebenarnya ada 3 intisari ilmu yang paling penting dalam hidup ini. yaitu:

1). Ilmu mengenal Diri dan lingkungan

orang bijak berkata: siapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya. Mengenal diri adalah wajib, bagi mereka..mereka yang ingin hidup sempurna menapaki kehidupan ini.
Mereka-mereka yang belum mengenal dirinya.. tidaklah akan kokoh berdiri, jiwanya masih meraba-raba.. belum menapak. Sehebat apapun orang itu, punya keahlian apapun.. jikalau ia belum mengenal sepenuhnya dirinya pastinya akan gampang tergoyah atau tergelincir.

Tzun Tzu berkata : “Jika kau tidak mengetaui kekuatan pasukanmu dan pasukan musuh tidak mengetahui kekuatan pasukannmu.. maka pertempuran yang akan terjadi bisa menang..bisa kalah” Pilihan strategi perangnya –> pasukan menghindar terlebih dulu, atau opsi nekad menyerang.

Jika Kau mengetahui kekuatan pasukanmu dan pasukan musuh tidak mengetahui kekuatan pasukanmu.. maka pasukanmu akan memenangkan pertempuran. —>strategi perang: segera lakukan serangan.

Jika kau tidak mengetahui kekuatan musuhmu dan pasukan musuh sudah mengetahui kekuatanmu terlebih dulu.. dijamin pasukan musuh akan mudah memporak-porandakanmu. —>strategi perang: segera kabur menghindar!

Demikianlah seorang filusuf strategi perang mengajarkan kepada para jenderalnya. Dari situ tergambar bahwa mengenal diri.. kekuatan, kelemahan dan apapun yang terkait dengan dirikita..keluarga kita, atau orang-orang disekitar kita… adalah hal yang sangat teramat penting.

Dengan mengenal diri, kita dapat mengukur kemampuan diri kita..sehingga tidak memaksakan diri untuk terjun dibidang-bidang tertentu atau pekerjaan yang tidak cocok dengan pribadi/karakter kita. Misalnya: kebetulan kita kuliah di Jurusan Akuntansi..tetapi setelah digali lagi ternyata bakat kita bukan sebagai akuntan.. tetapi misalnya sebagai marketer. Atas kondisi ini seyogyanya orang tsb tidak memaksakan diri tetap bekerja hanya sebagai akuntan atau auditor tetapi dengan bakat marketingnya ia bisa loncat ke bidang marketing mengikuti bakat yang ia punya.


2). Ilmu komunikasi

Ini penting… sangat-sangat penting!!! Setelah kita mengenal diri dan lingkungan, tentunya dari hasil observasi diri dan lingkungan tersebut perlu kita komunikasikan dengan baik kepada manusia lain.. orang-orang disekeliling kita agar mereka juga mendapatkan manfaat dari hasil kajian/pengamatan kita.

Salah komunikasi… bisa fatal!!! suatu kesalahan komunikasi bisa menjadikan ketidakharmonisan..bahkan sampai terjadinya peperangan besar antar kerajaan (jaman dulu).

Dalam realita hidup, tidak semua persoalan dapat selesai dengan pekerjaan kasar dan kompetisi. Dalam hal-hal tertentu komunikasi (lebih spesifik lagi “negosiasi”) sangat diperlukan dalam memecah suatu kebuntuan persoalan.

Untuk menguasai dan mempertinggi ilmu komunikasi ini diperlukan latihan-latihan yang berawal atau didasari dari ilmu mengenal diri dan lingkungan.


3). Ilmu Nrimo..

Ilmu ini adalah ilmu tingkat tinggi.. (bahasa lainnya adalah ilmu ikhlas). Ilmu ini berguna untuk mensikapi segala sesuatu yang kita tidak bisa mengendalikannya… segala sesuatu diluar keinginan dan kemampauan kita. Ilmu ini berlaku… untuk menyadarkan manusia bahwa ia hanyalah makhuk kecil tak berdaya.

Ketiga ilmu tersebut itulah yang menurut hemat penulis.. adalah ilmu yang sangat-sangat penting dikuasi dalam kehidupan ini. Semakin mumpuni tingkat penguasaan ketiga ilmu tersebut.. maka semakin optimal dalam menapaki kehidupan ini.

Hehe… kelihatan keren sekali ya?? nulis tentang ilmu-ilmu paling penting.. kaya ilmunya udah tinggi aja?? menggurui banget gitu??? bukan..bukan itu sobat! tetapi ini sekedar sharing..jujur, justru kegagalan-kegagalan hidup yang penulis alami, setelah direnungi.. mungkin karena kurangnya pemahaman dan pengamalan penulis atas ketiga ilmu penting diatas. Oleh karena itu dengan niat untuk berbagi dan saling mengingatkan … untuk terus belajar mengasah ilmu-ilmu tersebut, barangkali ilmu tersebut kelak bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: