Global Talent Indonesia

Hari ini ada acara yang cukup menarik yang diselenggarakan di salah satu hotel di Cikini, yaitu Knowledge Management Summit. Penyelenggaranya adalah salah satu sekolah bisnis terkemuka, dengan mengundang para praktisi yang menaruh perhatian terhadap Knowladge Management.. Human Capital dsb. Memang dunia knowledge & Human capital di Indonesia sekarang menjadi sorotan.. dimana angka tingkat kompetisi global masih rendah.. disisi lain serbuan tenaga kerja asing sudah mulai menerjang..

Dalam acara tersebut, salah satu pembicara yang diundang adalah sosok bernama Priyantono Rudito, Direktur Human Capital Telkomsel… setelah saya googling, yang menarik adalah beliau pernah mengarang buku berjudul “Leveraging Global Talent”. Buku ini terbit pertama kali kisaran pada Maret 2015.. wah ternyata saya ketinggalan info..

ini bukunya seperti dibawah, bagus sih.. keren.. dimana seorang direktur bisa menulis buku.

217x300xBuku-Pak-Pri-217x300.jpg.pagespeed.ic.z3moaoBLvD

Setelah saya googling ke sana kemari… disebutkan dalam buku tersebut, mengambil studi kasus PT Telkom.. melakukan persiapan karyawannya untuk menghadapi persaingan global dengan menanamkan dan mengimplementasikan value sbb:“The Five E” yaitu Enthusiasm, EduKnowledge, Exposure, Equity dan Enabler.

Enthusiasm: modal dasar para telent adalah harus menumbuhkan, dan memiliki antusiasme dan pasion yang tinggi dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas profesinya. …keep spirit!!!

Eduknowledge: adanya support dan fokus pembelajaran yang menyertai peta karir para talent.

Exposure: adalah memberikan kesempatan kepada para talent untuk berkerja didunia global (misal dikirim ke luar negari.. atau bekerja di sektor yang terjadi interaksi dengan dunia global.. worldwide.


Berikut kisah nyata sekilas berjuangan si penyusun buku tsb. Awalnya ia ingin sekolah S2, dan program beasiswa dari perusahaanya untuk sekolah keluar negeri, namun saat ujian bahasa inggris IELTS, beliau hanya mendapat score 4,5. Malu, karena diledekin teman-temannya atas jeleknya nilai bahasa inggris tsb, menjadikannya ia terpacu untuk belajar sungguh-sunggu secara totalitas. Ia ganti chanel TV ke chanel bahasa Inggris, ia terus ikuti berita/acara tv tsb walau mungkin hanya 20% yang dimengerti dari inforamsi chanel inggris tsb. Ia paksa untuk berlangganan koran bahasa Inggris, koran itu terpaksa dibaca setiap hari..karena sayang jika tidak dibaca karena sudah membayar langganan koran tsb. Ia terus belajar.. sampai dapat nilai IELTS dengan score 7. Ini score IELTS diatas rata-rata. Akhirnya iapun dapat beasiswa dan sekolah S2 di Australia. Setelah di Ausie, iapun memilih cari pondokan diflat yang jauh dari lingkaran orang indonesia, sehingga memaksa ia untuk berinteraksi terus dengan orang bule. bahka ia bergabung ke organisasi senat kampus, yang mengharuskan ia memimpin rapat dan menjalin bertemuan dengan pejabat kampus.

Nah, totalitas usianya ternyata akhirnya membuahkan hasil.. bahasa inggris beliau menjadi sangat mahir, dan nilai-nilai kuliahpun menjadi lebih bagus. Bahkan akhirnya tidak hanya selasai S2, namun bisa terus lanjut ke S3 di negara Ausie tsb.

Totalitas belajar yang nyemplung langsung secara totalitas tsb digambarkan sebagai kolaborasi implemetasi value Enthusism dan Exposure.

Enabler: adanya sistem yang mendukung dari Perusahaaan untuk mengembangkan para telent/karyawannya.

Equity: adanya kesatuan/koordinasi dari 4 E tersebut menuju tercapainya target kinerja organisasi.

Hal tersebut diatas menarik, karena belakangan ini, entah mengapa tertarik berselancar ke dunia pemberdayaan diri, human capital dsb. Belajar dari bukunya pak Rudito… dapat dipetik sebuah pelajaran sbb: intinya.. 1. Semangat dan antusias yang tinggi dalam setiap pekerjaan/penugasan 2).Ada kesempatan..terjun langsung berinteraksi dengan dunia/pekerja global 3). Untuk level korporasi..harus ada sistem yang mendukung para telent-nya untuk berkembang.

Pertanyaan yang mendasar: lantas apa yg mau lo lakuin??? bengong?? atau cuma jadi pengamat??! atau.. up to you!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: