Bob Sadino.. sebuah kenangan.

Inalilahi wa innailahi rojiun..Hari kamarin Bob Sadino meninggal (tgl 20-01-15). Bob Sadino adalah tokoh yang nyentrik, fonumenal.. Beliau adalah orang yang praktis, tidak suka teori..tetapi langsung praktek. Sejak dulu, entah mengapa saya suka sekali kalau nonton Bob Sadino saat tampil di TV. Bisanya tentang dialog kewirausahaan. Kata-kata yang beliau lontarkan itu tajam, kadang-kadang urakan, tetapi lugas dan mengena.
Tokoh yang sejak mudanya pekerja keras dan pantang menyerah. Sejak usia 19 tahun merantau ke belanda, kemudian ke Jerman. Setelah 9 thn lamanya, kemudian pulang ke tanah air.

Hal-hal positif dari Bob Sadino:
1. Mental pemberani dan nekat
Banyangin aja.. pada saat anak muda umur 19thn aja, dan hanya lulusan SMA tetapi berani merantau ke Belanda, dan Jerman.
Beliau tak ambil pusing dengan bahasa, dan tak perlu ambil kuliah bahasa belanda dulu, terjun langsung ke Masyarakat Belanda dan Jerman.

2. Punya Integritas dan brand (ciri khas) tak tergoyahkan

Kebiasaan bekerja di lapangan.. berkebun dan berternak, menjadikan celana pendek sebagai pakaian yang dianggap praktis. Celana pendek inilah yang kekeh ia pertahankan dan dia gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa pandang berhadapan dengan siapapun.

Bayangin aja.. siapa tak kenal Presiden Soeharto di tahun 80’an, wuih..lagi jaya-jaya dan sangat disegani oleh siapapun termasuk pejabat dari luar negeri, tetapi dihadapan beliau itu..pada saat presiden berkunjung ke perkebunan miliknya, Bob Sadino tetap menyambut kedatangan presiden dengan memakai pakai celana pendek!!! Uuedan kan???

Pada saat itu, dikebun Bob Sadino sedang panen jagung manis, suatu varietas jagung yang baru pertama ada di Indonesia saat itu. Pak Bob kasih contoh ke pak Harto cara memakan jagung manis, yang enaknya dimakan mentah. Bob kupas jagung manis, ia patahkan batang jagung jadi dua.. 1 ia pegang dengan tangan kanan, dan satunya lagi ia berikan ke pak Harto dengan tangan kiri…
… (ni kejadian luar biasa banget), bersikap begitu sama Pak Harto gitu loch.. dimana pada saat itu tak seorangpun berani bersikap sembarangan di hadapan sang penguasa Orba itu.
Tetapi Pak Harto ternyata tidak apa-apa.. tidak tersinggung, dan tidak marah, justru beliau tertawa dan bangga dengan Pak Bob yang ikut memajukan pertanian Indonesia dengan berbagai trobosan2nya itu.

3. Sejak muda memiliki relasi yang luas.
Relasinya banyak, mulai dari para diplomat, expatriat, para akademisi, artis2 dan termasuk para pejabat militer di Indonesia. Hal ini menandakan pak Bob pandai bergaul.

4. Seorang Pekarja Keras dan pembelajar (learning by doing)
Tanggung jawab menghidupi keluarga, mulai dari kuli bangunan sampai jadi sopir ia jalani. Kemudian ia beternak ayam negeri.. dan menjadi suplier telor dan daging ayam ke para expatriat. Kemudian membuka kebun sayur dan hidroponik. Kedua usaha ini akhirnya sukses.
Salah satu kunci suksesnya dalam usahanya adalah banyak bertanya kepada para ahlinya, dan praktek langsung.

5. Mau membagi ilmu dan pengalaman
Ini yang luar biasa. Pak Bob mau membagi ilmu suksesnya ke siapapun. Karena itulah ia sering sekali diundang ke acara-acara dialog/seminar ke wirausahaan.

Satu hal yang menyentuh… adalah ternyata dibalik sifatnya yang terkesan urakan, ada satu hal yang yang membuat Bob Sadino tunduk dan patuh dalam hal tatakrama berpakaian yaitu mau memakai sarung atau celana panjang.. yaitu saat beliau menjalankan ibadah shalat… Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘aa fihi wa’fu ‘anhu… aamiin.

Referensi:
– Majalah trubus Jadul tahun 90’an(saat kunjungan Presiden Soeharto ke kebun Bob Sadino)
– Buku biografi Bob Sadino.
– Youtube, kunjungan nunung & Aziz ke Rumah Bob Sadini tahun 2013.
– Youtube, saat Syahrini ke rumah bob Sadino tahun 2013.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: