Pentingnya Sebuah Perencanaan dan Muhasabah Pada Awal dan Akhir Tahun.

Menuliskan kembali dari apa yang didengar dari khutbah Jumat tgl 09 Jan 15 di salah satu Masjid di Kalibata. Khotib-nya bagus, penyampaiannya tenang dan dalam. Beliau menyampaikan pentingnya perencanaan dan muhasabah tahunan bagi umat muslim.
Beliau mengutip sebuah ayat…. (maaf terlupa).
Dari ayat tsb beliau jabarkan bahwa sebenarnya perencanaan dan muhasabah adalah mutlak bagi seorang muslim yang menginginkan terus bertumbuh dalam kesejahteraan hidupnya lahir dan batin.
Kita mengenal perencaanan dalam suatu organisasi, seperti tingkat nasional ada: BAPENAS, didarerah ada BEPEDA, dan diperusahaan-perusahaan terdapat bagian Strategi dan Perencanaan. Namun kerapkali kita lupa sebagai individu untuk membuat perencanaan sebagaimana organisasi tersebut. Padahal perencaan setiap individu adalah dianjurkan dalam agama. Yang dimaksud perencanann yang perlu dilakukan adalah sbb:
1. Perencanaan Ilmu
 Pada awal tahun kita membuat perencanaan, dan pada akhir tahun, hendaknya kita bertanya pada diri sendiri apakah ilmu kita sudah bertambah? Atau jangan-jangan hanya terhenti itu-itu saja. Pertumbuhan ilmu penting untuk mengatasi masalah kehidupan. Kehidupan jaman yang kompleks membutuhkan keluasan ilmu untuk mengaturnya dan mencari solusi dari maslah yang ada.
sudah berapa buku dalam setahun yang kita baca?
Sudah berapa ayat Quran dalam setahun yang kita hafal dan kita pahami?

2. Perencanaan Amal
 Pada awal tahun kita membuat perencanaan, dan pada akhir tahun, hendaknya kita bertanya pada diri sendiri apakah amal kita sudah bertambah? Atau jangan-jangan hanya beramal seputar itu-itu saja.
sudah berapa kali Tahajud dalam setahun yang kita lakukan?
 sudah berapa kali shaum sunah dan sedeqah dalam setahun yang kita lakukan?

3. Perencanaan Ekonomi
Pada awal tahun kita membuat perencanaan, dan pada akhir tahun, hendaknya kita bertanya pada diri sendiri apakah amal kita sudah bertambah? Atau jangan-jangan hanya beramal seputar itu-itu saja.
Umat muslim seharunya belajar secara benar dari sejarah bahwa para sahabat nabi, banyak yang berasal dari orang kaya, seperti sahabat: Usman Ra, Muaz bin Jabal Ra,Abdurahman Bin Auf, Abu Bakar dll… mereka mengorbankan harta –nya untuk perjuangan dan perkembangan Islam.

Kita patut bertanya: apakah penghasilan kita meningkat dalam tahun ini? Apakah ada upaya untuk menambah penghasilan secara halal dan optimal? Padahal kebutuhan hidup sehari-hari semakin meningkat.. karana BBM naik, harga-hara naik, kurs melemah dll.

Kutipan dari sahabat Ali Ra :” Aku merasa rugi jika hariku berlalu tanpa ada ilmuku yang bertambah”.

Demikian pula sahabat ibnu Masud Ra berkata:” Aku merasa rugi jika hari Aku merasa rugi jika hariku berlalu tanpa ada amalku yang bertambah”.

Demikian, semoga kita menjadi orang yang selalu bersiap, matang dalam berencana, dan sigap dalam bertindak… aamiin.

Untuk ustadz khotib Jumat (maaf belum tau namanya)..semoga ilmu terus bertambah dan berkah.. aamiin.

Advertisements

One Response to “Pentingnya Sebuah Perencanaan dan Muhasabah Pada Awal dan Akhir Tahun.”

  1. wandestarido Says:

    Kalo boleh Ana boleh berujar, “bahwa kesimpulannya adalah untuk urusan dunia dan akhirat harus ada perencanaan”.

    مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

    “Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.” (https://syukrillah.wordpress.com/2014/05/27/hadis-ingin-dapat-dunia-dan-akhirat-harus-dengan-ilmu/).

    Salam kenal dari Ana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: