AIR PUTIH DAN JALAN PAGI…MANTAP HASILNYA!

Sehat adalah suatu  anugrah Tuhan yang luar biasa, luar biasa nikmat, luar biasa enak, luar biasa seger..wah pokoknya luar biasa dech!

Seandainya sehat itu berbentuk tablet/benda yang hanya bisa ditukar dengan uang, pasti orang akan berbondong-bondong membeli kesehatan. Prioritas orang dalam hidup pasti..membeli voucher kesehatan, yang lain nanti dulu, sebab orang tau sehat adalah alat paling vital dalam hidup ini. Sayang, kesehatan itu berbentuk abstrak..dan ia bukan benda/tablet/pil, ia adalah unsur yang terbentuk dari proses, yang banyak orang melalaikannya tanpa terasa.

Bagi mereka yang masih muda-muda, mungkin arti penting kesehatan belum diperhatikan, mereka masih menikmati masa-masa vitalitas kemudaan jasmaninya. Tapi bagi sebagian mereka yang sudah beranjak dewasa (menua hehe..), so kesehatan itu menjadi penting. Walau, kadang banyak juga yg lalai.

Saya, sebagai salah insan manusia yang sudah mulai menua ( 30’s), tp perasaan kok masih muda banget ya? Hehe …sudah mulai juga terasa, tubuh tidak seperti dulu.

Sudah cukup lama, merasakan tubuh kurang fit..badan terasa pegel, loyo, & merasa kehabisan energi..dan ini hampir terjadi sepanjang minggu..apalagi hari2 krj menjelang weekend, yach..betul terasa! Tugas, dan performa kerjapun menjadi terganggu gara2 ini, prestasi jd kurang bagus.. feelingpun jadi kurang percaya diri!

Hampir putus asa, Saya akhirnya merenung dalam, apakah aku harus hidup dalam kondisi yang sangat menyebalkan seperti itu? Jawabanyaa ….TIDAK!!!

Analisis yang menyebabkan tubuh menjadi lemah:

1. Suasana kota jakarta kurang kondusif..macet & polusinya itu!

Banyangin aja, kita harus berangkat pagi on time..jika trlambat dikit..udah dech?? Terjebak macet. Hati yang tergesa2, dan akhirnya bete.. Pikiran jadi stresss! Makan asap knalpot tiap hari! Itu salah satu penyebabya. Udara panas dan yang kotor menyebabkan, kita cepat pusingdan lelah , karena mengirup asap knalpot!

2. Kerja di ruangan ber-AC menyerap air tubuh tanpa terasa.

Tidak dipungkiri, AC adalah penyebab salah satu tubuh lemah. Udara ac menyedot uap tubuh begitu cepat tanpa terasa. Dulu saya pernah kerja di suatu gedung di daerah kuningan jkt..Acnya dingin bangeett!..tubuh gw yang kurus, betul2 harus berjuang menghadapi dinginnya AC. Dinginnya AC, menyempitkan pori2 dan pembuluh di kepala..dan bikin pusing, sirkulasi keringatpun jadi tidak lancar. Akibatnya…tjadi adaptasi keringat mnjadi susah keluar, lebih2 ditambah kurang minum.. yach..betul2 tersiksa ketika ada di udara panas..tubuh spt menyimpan hawa panas yg trperangkap!

3. Pola makan tidak teratur.

Makan tidak teraur dapat berakibat cukup fatal, gw pernah kena gejala typus beberapa kali. Kisahnya begini.. kandang makan sore/malem terlewat, smentara kerja ttp jalan sampai jam 8-9 malam,…asupan energi kosong, sementara otak tetap menyerap energi besar untuk bekrja, akibatnya ..tubuh mjdi lemah, usus ttp ingin berproses..sehingga typus dech!

4. Kerja otak, dikejar deadline laporan dan stress..menyerap energi terbesar!

Itu memang betul, kerja-kerja analitikal menggunakan otak, ditambah tekanan target membuat tubuh membutuhkan energi yang sangat besar untuk mengatasinya. Kurang minum dan pola makan yg tidak teratur menyebabkan tubuh tak mampu cukup mensuplai energi..akibatnya tubuh mencoba memenuhi dengan membakar energi cadangan, bila tubuh kita tidak cukup lemak/protein utk enegi cadangan..akibatnya ya tepar!

5. Kurang gerak/olahraga.

Kerja kantoran..yg menuntut berkutat didepan komputer seharian..bahkan kadang2 sampai malam itu salah satu penyebabnya. Otot2 dan pembuluh kurang terlatih, menjadi lemah..sirkulasi darah/dan energi kurang lancar, kelenjar keringat kurang aktif. Akibatnya…tubuh gampang sakit!

6. Kurang istirahat/tidur.

…jika itu dibiarkan hari demi hari..bulan demi bulan, bahkan menaun…akibatnya apa?? Gw ga bisa ngebayangin.. NO!

Jalan kaki/joging dipagi hari yang segar setiap hari, sehabis shubuh kupaksakan diri berjalan cepat di sekitar komplek..dijalan2 komplek yg ms sepi dari asap knalpot…tpatnya 1 jam! Diiringi dengan gerak2 erobik…..Setelah itu mandi, 6.00/6.30 trus  brangkat ngantor.

Walhasil keringat menetes.., tubuh menjadi segaar! Seperti anda Energi/chi merayapi tulang punggungku, badan menjadi hangaat dan fresh! Akivitas sepanjang haripun menjadi lebih nikmat..,roso! (demikian seperti iklan minuman berenergi)

Ditambah dengan asupan air putih yang cukup, pagi hari/bangun tidur sampe jam 6an: minimal 2 gelas, nyampe kantor ½ gelas, selama dikantor..2teguk..beberapa teguk setiap ½ jam sekali (kira2). Sebelum tidur malam minimal 1 gelas air hangat. (Menurut literatur minimal 8 gelas sehari)

Barangkali ada temen2 yg ingin meningkatkan kesehatan. So, silahkan coba cara ini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: